Pagi Reput

Afri Risyofa Rahim

  • 01Rancangan Bangun Dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan

    SMP Negeri 2 Kandangan sebagai lembagaPelayanan Publik memiliki berbagai program untuk meningkatkan kualitas SDMdalam rangka menyiapkan generasi Bangsa seperti pada Tujuan PendidikanNasional. Salah satu upaya peningkatan tersebut adalah dengan peningkatanPelayanan Publik, dalam hal ini fokus layanan adalah peserta didik. Bentuklayanan yang akan diusulkan dalam kegiatan peningkatan pelayanan publik inidifokuskan  pada pelayanan pembinaankarakter dengan cara pemberian tambahan zat besi. Hal ini yang terkait dalamUndang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Pasal 45 tentang kesehatan sekolah ditegaskanbahwa “Kesehatan Sekolah” diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuanhidup  sehat peserta didik dalam lingkunganhidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secaraharmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadikan sumber daya yangberkualitas.

    Program PAGI REPUT (Penambahan Gizi pada Remaja Putri) ini selaras dengankategori yang diinginkan yaitu tentang kesehatan. Karena dari awal program inidicanangkan untuk kalangan siswa khususnya remaja putri. Remaja yang mengalamikekurangan zat besi ini dibina secara teratur agar bisa merubah pola hidupsehat mereka. Sehingga mereka akan sadar sendiri tentang pentingnya hidup sehatyang diawali dari diri sendiri. Akhirnya dampak perubahan tidak hanya dirasakanoleh siswa itu sendiri tetapi guru di sekolah serta orang tua siswa jugamerasakan manfaatnya.

  • Program “PAGI REPUT” (Penambahan Gizi pada Remaja Putri) merupakan salah satu program di sekolah SMP Negeri 2 Kandangan sebagai upaya untuk mengatasi masalah kekurangan zat besi yang terjadi pada remaja di sekolah. Strategi ini melibatkan semua pihak sekolah baik guru, siswa, orang tua serta pedagang yang berada di sekolah. Kerjasama antara pihak sekolah dan puskesmas berfungsi sebagai penggerak dan pengarah bagi proses penanggulangan tersebut. Pelaksaaan dan pengawasan sumberdaya yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga terwujud kesehatan lingkungan yang diinginkan oleh sekolah.

    Fakta yang terjadi di sekolah khususnya remaja putri banyak yang mengalami kekurangan zat besi, sehingga membuat mereka kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran di sekolah. Misalnya tertidur, letih, lesu, bahkan ada yang pingsan.Ini berdampak kepada proses belajar mengajar di kelas yang menjadi tidak kondusif.Dengan program PAGI REPUT inilah digalakkan agar remaja yang kekurangan zat besi agar bisa diatasi secara maksimal.

  • Manfaat yang dihasilkan dari inovasi ini adalah:

    a.       Mengubah perilaku siswa serta membiasakan hidup sehat.

    b.      Menambah wawasan kepada guru, siswa, dan pedagang akan bagaimana cara hidup sehat yang baik.

    c.       Proses belajar mengajar di sekolah lebih maksimal.

  • Pembelajaran yang dapat dipetik dari hasil pelaksanan inovasi ini adalah mengubah perilaku siswa yang sudah terbiasa dengan lingkungan yang ada di sekitarnya menjadi lebih baik dan bermanfaat. Menambah wawasan semua pihak yang mendukung program PAGI REPUT (penambahan gizi pada remaja putri) ini lebih luas serta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Serta meningkatnya hasil belajar mengajar di sekolah sesuai yang diaharapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.


             Sesudah program ini dilaksanakan semua pihak sekolah merasakan perubahan yang sangat diinginkan. Pertama kesadaran kepada siswa lebih meningkat. Karena sudah terbiasa menanamkan bagaimana hidup sehat. Kedua dalam proses belajar mengajar di sekolah lebih maksimal. Ketiga peran orang tua dan pedagang yang sangat mendukung akan program ini merubah kebiasaan siswa menjadi yang dahulunya kurang baik menjadi lebih baik lagi. 

https://youtu.be/KQOIEWlh1Xg