Cendekiawan Desa

Wahyu Amrullah

  • 01Rancangan Bangun Dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan

    Sektor pendidikan merupakan salahsatu sektor yang memerlukan perhatian lebih, terutama untuk pendidikan leveldasar sampai menengah atas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WindyaWahyu Lestari dan Victoria Efrida Sanar, 2018 dengan judul Analysis Indicator ofFactors Affecting Human Development Index” menemukan bahwa pendidikan adalah salahsatu faktor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berdasarkandata dari BPS (2019), IPM Kabupaten Hulu Sungai Selatan ada di urutan ke empatterbawah (68,8) dari 14 Kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, dan HarapanLama Sekolah Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga ada di urutan ke empat terbawah(12,10). Berdasarkan data diatas, kita bisa melihat bahwa perlunya perhatiankhusus terhadap bidang pendidikan di Kab. Hulu Sungai Selatan secara menyeluruhtanpa terkecuali daerah pedesaan. Seperti yang kita ketahui bersama semakin kepelosok daerah maka kualitas dan layanan pendidikan semakin tertinggal,tentunya hal ini akan menyebabkan semangat anak-anak yang ada di desa menjadirendah dalam belajar yang mungkin akan mempengaruhi pola pikir anak-anak desayang berpikiran bahwa pendidikan itu tidak terlalu penting, dan hal ini akanmemberikan dampak negatif terhadap angka putus sekolah yang terus meningkat.Ini merupakan sebuah permasalahan besar yang kita hadapi sekarang, ini bukanhanya kewajiban pemerintah, instansi pendidikan, masyarakat, dan lain-lain,yang diperlukan sekarang adalah bagaimana perlunya kolaborasi dari berbagaipihak. Terutama peran dari komunitas-komunitas pendidikan yang dipelopori olehpemuda-pemudi daerah untuk memberikan kontribusi ide gagasan kreatif di bidangpendidikan. Kehadiran insan-insan muda yang penuh semangat dan keberanian dapatmenjadi solusi untuk memperbaiki sektor pendidikan daerah pelosok dengansinergi bersama pemerintah dan masyarakat untuk mencapai kesetaraan atas hakpendidikan layak dan berkualitas untuk anak-anak desa yang ada di KabupatenHulu Sungai Selatan. Atas dasar inilah saya mendirikan sebuah komunitaspendidikan yang bernama “Cendekiawan Desa”, dimana komunitas ini fokus untukmemberikan pelayanan pendidikan gratis untuk anak-anak desa yang ada diKabupaten Hulu Sungai Selatan.   

  • Ada beberapa hal yang menjadi tujuan berdirinya Cendekiawan Desa. Pertama, saya ingin menjadikan Cendekiawan Desa menjadi ruang atau tempat tumbuh kembang anak-anak dan pemuda desa, adanya komunitas Cendekiawan Desa dengan program-program yang akan diberikan ke anak-anak dan pemuda yang ada di desa dapat memberikan motivasi dan semangat dalam belajar mereka. Kedua, komunitas ini membantu pencapaian SDG’s Pendidikan yaitu membantu pemerintah daerah maupun pusat untuk mencapai kesetaraan dalam hal pendidikan atau pemberian layanan kualitas pendidikan ke desa-desa. Ketiga, komunitas ini diharapkan bisa menjadi ruang untuk pemuda-pemudi daerah untuk memberikan kontribusi nyata atau tindakan terhadap permasalahan daerah terutama di bidang pendidikan daerah pelosok, karena kami melihat masih sedikit peran keterlibatan dari pemuda-pemudi daerah dalam kolaborasi pemecahan masalah. Tiga tujuan diatas mendasari berdirinya Cendekiawan Desa. 

  • Kehadiran Cendekiawan Desa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar terutama untuk anak-anak yang ada di desa pelosok. Kami sangat senang melihat anak-anak tersenyum gembira penuh harapan karena mereka mendapatkan pembelajaran layaknya anak-anak kota dapatkan. Para orang tua juga sangat berterimakasih dengan adanya Cendekiawan Desa dapat membantu pendidikan anak mereka, terlebih disaat penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau sekolah online seperti sekarang ini banyak anak-anak yang kesulitan dalam memahami pembelajaran. Selain itu, keterlibatan pemuda-pemudi daerah dalam komunitas ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan jiwa sosial mereka dan kemampuan beradaptasi dalam penyelesaian sebuah masalah di masyarakat. 

  • Terhitung sampai sekarang, Cendekiawan Desa sudah berjalan sekitar 10 bulan. Dimana komunitas ini memberikan akses belajar gratis untuk anak-anak dan pemuda-pemudi desa Mandala Kec. Telaga Langsat, Kab. HSS setiap hari Sabtu dan Minggu dari jam 08.00 – 16.00. Untuk pelajaran yang diberikan adalah Matematika, B. Inggris, dan Ilmu-ilmu lainnya. Dengan adanya komunitas ini memberikan dampak yang luar biasa, dimana anak dan pemuda desa sangat semangat dalam belajar terlihat dari keseriusan mereka yang selalu hadir di hari Sabtu dan Minggu. Di sisi yang lain kami juga membuka kegiatan volunteer untuk para mahasiswa-mahasiswi asal Kab. HSS untuk mengabdi sebagai pengajar di Cendekiawan Desa, dimana mereka masuk ke pelosok desa setiap minggu untuk berbagi ilmu dan semangat untuk anak dan pemuda desa. Harapannya, Cendekiawan Desa bisa menjadi komunitas yang secara berkelanjutan memberikan dampak untuk pendidikan pelosok daerah HSS, dan membantu pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan di daerah, memberikan semangat untuk anak desa sehingga mengurangi angka putus sekolah, dan secara tidak langsung membantu pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kualitas SDM Kab. HSS yang muaranya adalah sektor pendidikan.

    drive.google.com

    instagram.com

    https://www.youtube.com/watch?v=peK935_HPLs&t=51s