WC TRIPIKON-S

MUNING BARU

  • 01Rancangan Bangun Dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan

    Desa Muning Baru adalah salah satu dari 16 desa di kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan , Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan topografi desa dataran rendah, kawasan rawa bantaran sungai yang di sebut Sungai Amandit,  Sungai di Desa Muning Baru memberi kehidupan  pada daerah yang dialirinya, karena selain berfungsi sebagai penyedia air baku untuk sebagian mandi,  cuci, Sungai Amandit  juga dimanfaatkan sebagai transportasi air, penyedia ikan dan merupakan sarana memperlancar usaha perekonomian masyarakat.

    Untuk mengendalikan pencemaran E.coli pada Sungai amandit desa Muning Baru sekaligus mengatasi sanitasi masyarakat tepi air atau bantaran sungai yang memiliki lahan sempit dan berdaerah rawa, Pemerintah Desa Muning Baru telah membangun suatu konstruksi sanitasi yang dinamakan Tripikon-S. Tripikon-S memiliki desain berbentuk tabung yang berfungsi sebagai septictank. Maka dengan demikian mitigasi pencemaran air sungai untuk limbah E.coli dapat ditangani.

    Pemerintah Desa Muning Baru Juga memasang spanduk Himbauan dan juga surat edaran untuk tidak lagi BAB di bantaran Sungai dan tidak lagi membangun rumah di bantaran sungai .

    1.  1. Untuk mengetahui dan  menganalisis lintasan transportasi (fate) E.coli  dalam Tripikon-S yang berfungsi sebagai  septictank  untuk  menurunkan  E.coli  yang memasuki perairan Sungai amandit .

    b.      2. Mengetahui dan  menganalisis  Tripikon-S sebagai solusi sanitasi dan  model pengendali pencemaran  E.coli  bagi masyarakat tepi air atau bantaran sungai  Desa Muning Baru di kawasan perairan Sungai amandit.

  • UNTUK merealisasikan desa bebas dari masalah buang air besar di sungai diperlukan strategi dan kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain, perangkat desa, Kader Posyandu, Petugas Kesehatan, warga masyarakat sebagai motivator untuk memotivasi sesame warga yang mengedepankan pemberdayaan dan memupuk jiwa gotong royong dalam membangun keluarga dengan kepemilikan jamban sehat  “ dari warga, oleh warga dan untuk warga”

    -        

  •   A.       A.Rumah tangga telah memiliki jamban sehat dengan menggunakan sistem  wc Tripikon-s khusus bantaran sungai

    -          B.Tidak ada lagi pencemaran sungai

    -          C.Hidup bersih dan sehat telah menjadi kebiasaan masyarakat setempat.