INOVASI

Nama Instansi PKM BATANG KULUR
Nama Inovasi SAPA MAS BAKUL (Siaran Pesan Puskesmas Batang Kulur)
Jenis Inovasi Digital
Inisiator ASN
Bentuk Inovasi Inovasi Pelayanan Publik
Waktu Uji Coba 04-01-2024
Waktu Implementasi 03-12-2024

Pada era teknologi saat ini, informasi dapat dengan mudah diakses dan disebarluaskan melalui berbagai platform online seperti website, media sosial (instagram, facebook dan lain-lain) dan aplikasi pesan instan (whatsApp, telegram, dan lain-lain). Hal ini menjadikan digital sebagai alat yang sangat efektif dan efisien untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat. Transformasi kesehatan digital ini memungkinkan  untuk mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan cepat, terutama di daerah pedesaan. Pada zaman dahulu informasi hanya bisa didapatkan jika bertemu dengan orang yang akan memberikan informasi. Cepatnya penyebaran informasi menjadi peluang masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan.

Puskesmas Batang Kulur melalui pelayanan promosi kesehatan mengahadirkan inovasi “SAPA MAS BAKUL” yaitu Siaran Pesan Puskesmas Batang Kulur yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses informasi kesehatan kepada masyarakat maupun informasi tentang pelayanan di Puskesmas sehingga dapat meminimalisir risiko terkena penyakit dan meningkatkan kualitas hidup serta pengetahuan masyarakat baik tentang kesehatan maupun mengenai pelayanan di Puskesmas. Inovasi Sapa Mas Bakul merupakan Aplikasi Komunitas WhatsApp dengan layanan yang dapat diakses secara online. Cara menggunakan “Sapa Mas Bakul” dengan melalui akses aplikasi WhatsApp dengan Scanning Barcode atau melalui alamat https://chat.whatsapp.com/CYdrY0MEhEM7KWt1gRmJaf yang telah disediakan dengan otomatis masuk ke komunitas WhatsApp Sapa Mas Bakul.

Sapa Mas Bakul adalah bentuk komunikasi satu arah yang menjangkau seluruh lapisan Masyarakat dalam memudahkan mengakses informasi Kesehatan yang disebarluaskan maupun tentang pelayanan-pelayanan yang ada di Puskesmas. Hal ini mempermudah bagi Masyarakat di wilayah kerja untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang Kesehatan dan pelayanan secara mendalam serta dalam menilai pelayanan tersebut melalui form Survey Kepuasan Masyarakat. Adapun bentuk koordinasi yang dibangun Ketika Masyarakat menginginkan komunikasi dua arah, dalam penjelasan pada deskripsi komunitas WhatsApp Sapa Mas Bakul tersebut telah dijelaskan bahwa hal-hal dalam bentuk koordinasi dapat menghubungi pihak administrasi Sapa Mas Bakul.

Sapa Mas Bakul menyelenggarakan keterbukaan informasi sesuai dengan Undang - Undang No. 14 Tahun 2008. Selain itu Sapa Mas Bakul    termasuk kedalam upaya peningkatan kesehatan yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 585/Menkes/SK/V/2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di Puskesmas dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masayarakat yang memelihara dan meningkatkan serta mencegah timbulnya masalah kesehatan.

Melalui Sapa Mas Bakul menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan penyebarluasan informasi kesehatan di daerah pedesaan yang dapat menjangkau seluruh lapisan Masyarakat wilayah kerja untuk memenuhi kebutuhan informasi kesehatan yang jauh dari pusat pelayanan kesehatan. Dengan adanya digitalisasi ini masyarakat lebih mudah, cepat, kapan dan dimana saja dapat mengakses informasi kesehatan melalui Sapa Mas Bakul.

Aplikasi ini bisa diakses oleh masyarakat maupun para kader untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka tentang kesehatan. Para kader juga dapat membagikan informasi kesehatan kepada ibu balita ataupun ibu hamil yang berkunjung diposyandu dengan melakukan penyuluhan. Dengan informasi yang lengkap dan terbaru masyarakat dapat lebih memahami tentang kesehatan dan dapat mengambil tindakan pencegahan secara mandiri untuk menjaga kesehatan mereka sendiri dan keluarga serta lebih cepat mengetahui mengenai pelayanan yang ada pada saat ini di Puskesmas.

 

1.       Meningkatkan efektivitas dan efisiensi program Promosi Kesehatan melalui platform digital komunitas whatsApp.

2.       Memudahkan akses informasi kesehatan kepada Masyarakat secara umum kapan dan dimana saja dengan lebih mudah dan cepat terutama diwilayah  pedesaan yang jauh dari fasilitas kesehatan

3.       Meningkatkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya Kesehatan, memperluas pengetahuan mengenai praktik Kesehatan yang baik, dan mendorong Masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatannya secara mandiri.

4.   Tercapainya kualitas pelayanan publik yang transparan

1.       Menyediakan informasi kesehatan yang akurat dan mudah dipahami oleh masyarakat.

2.       Mendapatkan layanan konsultasi melalui koordinasi secara individu

3.       Mendapatkan umpan balik atas kualitas pelayanan yang telah dilakukan Puskesmas melalui survey kepuasan dan pengaduan Masyarakat

 4.    Menjangkau seluruh lapisan Masyarakat terutama yang memiliki aplikasi WhatsApp.

1.     Masyarakat ataupun kader kesehatan dapat mengakses materi-materi kesehatan yang relevan sesuai dengan  kebutuhan mereka.

2.     Meningkatnya pemahaman dan kesadaran tentang isu-isu kesehatan yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik untuk kesejahteraan mereka sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

3.     Mendapatkan informasi yang lebih mudah dan cepat mengenai kesehatan serta pelayanan di Puskesmas.

4.   Mempercepat aspirasi dari masyarakat sehingga mutu dan derajat pelayanan di Puskesmas bisa maksimal.

5. Menjangkau lebih luas lapisan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas.

Video Tidak Tersedia

All rights Reserved © Your Company, 2021

Made with   by ThemeWagon