INOVASI
| Nama Instansi | PKM BATANG KULUR |
|---|---|
| Nama Inovasi | SAPA MAS BAKUL (Siaran Pesan Puskesmas Batang Kulur) |
| Jenis Inovasi | Digital |
| Inisiator | ASN |
| Bentuk Inovasi | Inovasi Pelayanan Publik |
| Waktu Uji Coba | 04-01-2024 |
| Waktu Implementasi | 03-12-2024 |
|
Pada
era teknologi saat ini, informasi dapat dengan mudah diakses dan
disebarluaskan melalui berbagai platform online seperti website, media sosial
(instagram, facebook dan lain-lain) dan aplikasi pesan instan (whatsApp,
telegram, dan lain-lain). Hal ini menjadikan digital sebagai alat yang sangat
efektif dan efisien untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat kepada
masyarakat. Transformasi kesehatan digital ini memungkinkan untuk mengakses layanan kesehatan dengan
lebih mudah dan cepat, terutama di daerah pedesaan. Pada zaman dahulu
informasi hanya bisa didapatkan jika bertemu dengan orang yang akan
memberikan informasi. Cepatnya penyebaran informasi menjadi peluang
masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan. Puskesmas Batang Kulur melalui pelayanan promosi
kesehatan mengahadirkan inovasi “SAPA MAS BAKUL” yaitu Siaran Pesan Puskesmas
Batang Kulur yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses informasi kesehatan
kepada masyarakat maupun informasi tentang pelayanan di Puskesmas sehingga
dapat meminimalisir risiko terkena penyakit dan meningkatkan kualitas hidup
serta pengetahuan masyarakat baik tentang kesehatan maupun mengenai pelayanan
di Puskesmas. Inovasi Sapa
Mas Bakul merupakan
Aplikasi Komunitas WhatsApp dengan layanan yang dapat diakses secara online. Cara
menggunakan “Sapa Mas Bakul” dengan melalui akses aplikasi WhatsApp dengan Scanning
Barcode atau melalui alamat https://chat.whatsapp.com/CYdrY0MEhEM7KWt1gRmJaf yang telah disediakan
dengan otomatis masuk ke komunitas WhatsApp Sapa Mas Bakul. Sapa Mas Bakul adalah
bentuk komunikasi satu arah yang menjangkau seluruh lapisan Masyarakat dalam
memudahkan mengakses informasi Kesehatan yang disebarluaskan maupun tentang
pelayanan-pelayanan yang ada di Puskesmas. Hal ini mempermudah bagi
Masyarakat di wilayah kerja untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuan
tentang Kesehatan dan pelayanan secara mendalam serta dalam menilai pelayanan
tersebut melalui form Survey Kepuasan Masyarakat. Adapun bentuk koordinasi
yang dibangun Ketika Masyarakat menginginkan komunikasi dua arah, dalam
penjelasan pada deskripsi komunitas WhatsApp Sapa Mas Bakul tersebut telah
dijelaskan bahwa hal-hal dalam bentuk koordinasi dapat menghubungi pihak
administrasi Sapa Mas Bakul. Sapa
Mas Bakul menyelenggarakan keterbukaan informasi sesuai dengan Undang -
Undang No. 14 Tahun 2008. Selain itu Sapa Mas Bakul termasuk kedalam upaya peningkatan kesehatan
yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor
585/Menkes/SK/V/2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Promosi Kesehatan di
Puskesmas dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun
2019 tentang Pusat
Kesehatan Masayarakat yang
memelihara dan meningkatkan serta mencegah timbulnya masalah kesehatan. Melalui Sapa Mas Bakul menjadi solusi yang efektif dan efisien
untuk meningkatkan penyebarluasan informasi kesehatan di daerah pedesaan yang
dapat menjangkau seluruh lapisan Masyarakat wilayah kerja untuk memenuhi
kebutuhan informasi kesehatan yang jauh dari pusat pelayanan kesehatan.
Dengan adanya digitalisasi ini masyarakat lebih mudah, cepat, kapan dan
dimana saja dapat mengakses informasi kesehatan melalui Sapa Mas Bakul. Aplikasi ini bisa diakses oleh masyarakat maupun
para kader untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mereka tentang
kesehatan. Para kader juga dapat membagikan informasi kesehatan kepada ibu
balita ataupun ibu hamil yang berkunjung diposyandu dengan melakukan
penyuluhan. Dengan informasi yang lengkap dan terbaru masyarakat dapat lebih
memahami tentang kesehatan dan dapat mengambil tindakan pencegahan secara
mandiri untuk menjaga kesehatan mereka sendiri dan keluarga serta lebih cepat
mengetahui mengenai pelayanan yang ada pada saat ini di Puskesmas.
|
2.
Memudahkan akses informasi kesehatan
kepada Masyarakat secara umum kapan dan dimana saja dengan lebih mudah dan
cepat terutama diwilayah pedesaan yang
jauh dari fasilitas kesehatan
3. Meningkatkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya Kesehatan, memperluas pengetahuan mengenai praktik Kesehatan yang baik, dan mendorong Masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatannya secara mandiri.
4. Tercapainya kualitas pelayanan publik yang transparan
1.
Menyediakan
informasi kesehatan yang akurat dan mudah dipahami oleh masyarakat.
2.
Mendapatkan layanan konsultasi melalui
koordinasi secara individu
3.
Mendapatkan umpan balik atas kualitas
pelayanan yang telah dilakukan Puskesmas melalui survey kepuasan dan pengaduan Masyarakat
4. Menjangkau seluruh lapisan Masyarakat terutama yang memiliki aplikasi WhatsApp.
1. Masyarakat ataupun kader kesehatan
dapat mengakses materi-materi kesehatan yang
relevan sesuai dengan kebutuhan mereka.
2. Meningkatnya pemahaman dan kesadaran tentang isu-isu
kesehatan yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik
untuk kesejahteraan mereka sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
3. Mendapatkan informasi yang lebih mudah dan cepat mengenai kesehatan serta pelayanan di Puskesmas.
4. Mempercepat aspirasi dari masyarakat sehingga mutu dan derajat pelayanan di Puskesmas bisa maksimal.
5. Menjangkau lebih luas lapisan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas.
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon