INOVASI
| Nama Instansi | DPPKBPPPA |
|---|---|
| Nama Inovasi | Mobil Perlindungan Melakukan Pelayanan Langsung (MOLIN MELAYANG) |
| Jenis Inovasi | Non Digital |
| Inisiator | OPD |
| Bentuk Inovasi | Inovasi Pelayanan Publik |
| Waktu Uji Coba | 12-08-2021 |
| Waktu Implementasi | 06-10-2021 |
Topografi Kabupaten HSS yang terdiri dari pegunungan dan dataran berawa menyebabkan keterbatasan akses masyarakat untuk melapor. Sebelum hadirnya inovasi MOLIN MELAYANG dan layanan pengaduan kekerasan, pelaporan hanya bisa dilakukan saat jam kerja di kantor UPTD PPA. Ketakutan, rasa malu, serta kurangnya pengetahuan juga menjadi kendala utama bagi korban untuk melapor.
Beberapa laporan kekerasan berasal dari puskesmas, sekolah, dan pemerintah desa yang menemukan kasus kekerasan pada pasien, siswa, atau warga. Jika tidak ditangani, kasus kekerasan dapat menimbulkan trauma berkepanjangan, menurunkan kesejahteraan sosial, dan menyebabkan anak korban putus sekolah. Hal ini berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan dan kesenjangan gender. Oleh karena itu, Dinas PPKBPPPA menggencarkan kolaborasi lintas sektor melalui inovasi MOLIN MELAYANG sebagai upaya strategis UPTD PPA dalam menyediakan layanan yang responsif, mudah diakses, dan kolaboratif demi mencegah serta menangani kekerasan secara lebih efektif.
MOLIN MELAYANG merupakan upaya strategis untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan pengaduan kekerasan guna memenuhi hak-hak korban secara responsif, komprehensif, dan kolaboratif dengan pendekatan langsung melalui unit layanan keliling
Penyediaan layanan pengaduan, edukasi, konsultasi dan konseling melalui Mobil Perlindungan kepada masyarakat di berbagai wilayah yang sulit di jangkau.
Pelaksanaan Kerja Sama Antar instansi terkait (Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PMD) dalam pemberian layanan pengaduan secara terpadu.
Optimalisasi layanan hotline 24 jam SAPA 129 dan nomor pengaduan UPTD PPA sebagai saluran aduan dan konsultasi lanjutan bagi Masyarakat
Peningkatan Kepercayaan Masyarakat untuk Melapor
Peningkatan Kualitas Layanan dan Pemenuhan Hak Korban
Peningkatan Kolaborasi Antar Instansi
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon