INOVASI

Nama Instansi DPPKBPPPA
Nama Inovasi Mobil Perlindungan Melakukan Pelayanan Langsung (MOLIN MELAYANG)
Jenis Inovasi Non Digital
Inisiator OPD
Bentuk Inovasi Inovasi Pelayanan Publik
Waktu Uji Coba 12-08-2021
Waktu Implementasi 06-10-2021

Kasus kekerasan, baik domestik maupun publik, masih menjadi persoalan serius di berbagai wilayah, termasuk Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Berdasarkan data SIMFONI PPA, jumlah kasus kekerasan meningkat drastis dari 26 kasus pada 2021 menjadi 104 kasus pada 2024. Bentuk kekerasan yang dilaporkan beragam dan menimpa berbagai kelompok usia serta gender.

Topografi Kabupaten HSS yang terdiri dari pegunungan dan dataran berawa menyebabkan keterbatasan akses masyarakat untuk melapor. Sebelum hadirnya inovasi MOLIN MELAYANG dan layanan pengaduan kekerasan, pelaporan hanya bisa dilakukan saat jam kerja di kantor UPTD PPA. Ketakutan, rasa malu, serta kurangnya pengetahuan juga menjadi kendala utama bagi korban untuk melapor.

Beberapa laporan kekerasan berasal dari puskesmas, sekolah, dan pemerintah desa yang menemukan kasus kekerasan pada pasien, siswa, atau warga. Jika tidak ditangani, kasus kekerasan dapat menimbulkan trauma berkepanjangan, menurunkan kesejahteraan sosial, dan menyebabkan anak korban putus sekolah. Hal ini berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan dan kesenjangan gender. Oleh karena itu, Dinas PPKBPPPA menggencarkan kolaborasi lintas sektor melalui inovasi MOLIN MELAYANG sebagai upaya strategis UPTD PPA dalam menyediakan layanan yang responsif, mudah diakses, dan kolaboratif demi mencegah serta menangani kekerasan secara lebih efektif.

MOLIN MELAYANG merupakan upaya strategis untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan pengaduan kekerasan guna memenuhi hak-hak korban secara responsif, komprehensif, dan kolaboratif dengan pendekatan langsung melalui unit layanan keliling

Penyediaan layanan pengaduan, edukasi, konsultasi dan konseling melalui Mobil Perlindungan kepada masyarakat di berbagai wilayah yang sulit di jangkau.

Pelaksanaan Kerja Sama Antar instansi terkait (Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PMD) dalam pemberian layanan pengaduan secara terpadu.

Optimalisasi layanan hotline 24 jam SAPA 129 dan nomor pengaduan UPTD PPA sebagai saluran aduan dan konsultasi lanjutan bagi Masyarakat


Peningkatan Kepercayaan Masyarakat untuk Melapor

Peningkatan Kualitas Layanan dan Pemenuhan Hak Korban

Peningkatan Kolaborasi Antar Instansi

Video Tidak Tersedia

All rights Reserved © Your Company, 2021

Made with   by ThemeWagon