INOVASI
| Nama Instansi | DISDAG |
|---|---|
| Nama Inovasi | TERASA BERKAH (TERA/TERA ULANG DI PASAR BERKESEMPATAN BAWA HADIAH) |
| Jenis Inovasi | Non Digital |
| Inisiator | OPD |
| Bentuk Inovasi | Inovasi Pelayanan Publik |
| Waktu Uji Coba | 01-02-2024 |
| Waktu Implementasi | 22-05-2024 |
Inovasi
"TERASA BERKAH" dirancang sebagai solusi pelayanan tera dan tera
ulang yang selama ini dirasakan kurang optimal, terutama di pasar tradisional.
Dan juga sebagai strategi peningkatan kepatuhan masyarakat, khususnya para
pedagang pasar, terhadap kewajiban tera dan tera ulang alat ukur, takar,
timbang, dan perlengkapannya (UTTP). Rancang bangun inovasi ini
menitikberatkan pada penyelenggaraan layanan tera secara mobile/sistem jemput
bola dan terintegrasi langsung di pasar-pasar, sehingga pelaku usaha tidak
perlu lagi datang ke kantor pelayanan. Pelayanan dilakukan oleh petugas Dinas
Perdagangan melalui UPTD Metrologi Legal Kabupaten yang terlatih dengan membawa
alat ukur resmi dan perangkat pendukung untuk memastikan tera dilakukan dengan
standar metrologi yang berlaku.
Pokok perubahan
utama adalah transformasi layanan tera yang sebelumnya bersifat stasioner
menjadi layanan yang lebih mudah dijangkau dan interaktif dengan pelaksanaan
langsung di lokasi pasar. Selain itu, penambahan program insentif berupa undian
berhadiah menjadi elemen kunci yang membedakan inovasi ini agar dapat mendorong
kesadaran dan kepatuhan pelaku usaha dalam melakukan tera tepat waktu.
Inovasi ini
juga melibatkan sosialisasi aktif melalui media lokal dan interaksi langsung
dengan masyarakat agar pemahaman dan partisipasi dalam layanan tera meningkat.
Hal ini diharapkan mampu menciptakan ekosistem perdagangan yang adil dan
transparan, sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap alat ukur yang
digunakan dalam transaksi sehari-hari.
1.
Meningkatkan
kesadaran dan kepatuhan pedagang terhadap peraturan metrologi legal guna
terciptanya keadilan transaksi perdagangan.
2.
Menciptakan
budaya tertib ukur di lingkungan pasar.
3.
Mengurangi
potensi kecurangan dalam transaksi perdagangan.
4.
Mendorong
peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang perdagangan sesuai dengan visi
pemerintah daerah.
5.
Meningkatkan
akses dan kemudahan pelayanan tera dan tera ulang bagi pelaku usaha di pasar
tradisional.
6.
Menumbuhkan
kepercayaan masyarakat terhadap keabsahan alat ukur yang digunakan dalam
perdagangan.
7.
Memberikan
nilai tambah sosial ekonomi melalui program insentif yang menarik dan
bermanfaat bagi masyarakat.
- Pelaku
usaha mendapatkan kemudahan akses layanan tera tanpa harus meninggalkan
lokasi pasar.
- Kualitas
alat ukur yang lebih terjamin dan sesuai standar, menjamin keadilan dalam
transaksi.
- Meningkatkan
kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan tera yang berdampak positif pada
perlindungan konsumen.
- Menambah
nilai sosial dan ekonomi melalui undian berhadiah yang memberikan motivasi
pelaku usaha.
- Memperkuat
hubungan dan kepercayaan antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat
di lingkungan pasar tradisional.
Inovasi "TERASA BERKAH" berhasil meningkatkan jumlah pelaku usaha yang melakukan tera ulang alat UTTP secara tepat waktu melalui layanan yang mudah dijangkau dan program berhadiah yang memotivasi. Pelayanan tera yang diselenggarakan langsung di pasar meningkatkan kualitas pengukuran alat UTTP, mengurangi potensi kecurangan transaksi, dan meningkatkan kepuasan masyarakat. Serta munculnya budaya sadar ukur dan jujur di kalangan pelaku usaha kecil. Data monitoring menunjukkan peningkatan partisipasi pelaku usaha, peningkatan jumlah UTTP yang ditera/tera ulang secara signifikan dan penurunan pelanggaran tera. Program ini juga memberikan dampak positif berupa peningkatan kepercayaan konsumen dan harmonisasi hubungan pemerintah dengan masyarakat pasar dalam mendukung perdagangan yang adil dan transparan.
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon