INOVASI

Nama Instansi DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH
Nama Inovasi - Sinergi Pelayanan Manual dan Teknologi Perpustakaan dekat Masyarakat (SIP MANTEK PEDEMAS)
Jenis Inovasi Digital
Inisiator OPD
Bentuk Inovasi Inovasi Pelayanan Publik
Waktu Uji Coba 20-02-2023
Waktu Implementasi 20-02-2023

Berdasarkandata laporan dari statistik perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun2016 jumlah pengunjung perpustakaan dengan katagori usia 5 – 59 Tahun sebanyak12.017 orang per tahunnya, artinya hanya rata-rata 1,5% dari jumlahpenduduknya. Data tersebut menunjukkan bahwa minat dan budaya baca masyarakatdi Kabupaten Hulu Sungai Selatan masih rendah. Dengan adanya inovasi SIP MantekPedemas dirancang menghadirkan strategi Sinergi Pelayanan Manual dan TeknologiPerpustakaan dekat Masyarakat (SIP MANTEK PEDEMAS). Inovasi ini berorientasipada perubahan variasi bidang perpustakaan, pemantapan kerjasama dan sinergisitasserta peningkatan Kapasitas SDM pengelola perpustakaan. Dengan hadirnya variasilayanan bidang perpusstakaan baik layanan manual maupun teknologi, adanyakerjasama dan sinergisitas dengan stakeholder yang terkait tentang kemudahandan mutu layanan perpustakaan serta standar SDM pengelola pelayananperpustakaan. Inovasi ini merupakan pembaruan baru dalam mengatasi permasalahyang timbul dari rendahnya minat dan budaya baca masyarakat. Artinya inovasiini dirancang atas permasalahan dan kebutuhan masyarakatnya serta penentuantarget sasaran organisasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HuluSungai Selatan tahun 2017sebesar 4% target kunjungan orang hadir kePerpustakaan tercapai sekitar 12,19% dari penduduk warga Hulu Sungai Selatanyang berusia 5b- 59 tahun. Inovasi ini cukup berhasil karena masyarakat sangatdimudahkan dalam mengakses layanan perpustakaan baik layanan manual maupunteknologi perpustakaan berdasarkan karakter dan budaya warganya. Inovasi inidapat dikembangkan lebih baik dan berkelanjutan dengan cara pemenuhan standarSDM pengelola perpustakaan dalam teknis operasionalnya dan lebih terencana. 

Berdasarkan data laporan dari statistik perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun 2016 jumlah pengunjung perpustakaan dengan katagori usia 5 – 59 Tahun sebanyak 12.017 orang per tahunnya, artinya hanya rata-rata 1,5% dari jumlah penduduknya. Data tersebut menunjukkan bahwa minat dan budaya baca masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan masih rendah. Rendahnya minat dan budaya baca tersebut diantaranya kurangnya akses pelayanan perpustakaaan dan strategi pelayanan perpustakaan kepada masyarakat, artinya pelayanan bidang perpustakaan yang dilaksanakan belum melayani semua segmen masyarakat dan belum sesuai karakter budaya warganya. Memperhatikan kondisi masalah tersebut, inovasi yang dirancang menghadirkan strategi Sinergi Pelayanan Manual dan Teknologi Perpustakaan dekat Masyarakat (SIP MANTEK PEDEMAS). Inovasi ini berorientasi pada perubahan variasi bidang perpustakaan, pemantapan kerjasama dan sinergisitas serta peningkatan Kapasitas SDM pengelola perpustakaan. Dengan hadirnya variasi layanan bidang perpusstakaan baik layanan manual maupun teknologi, adanya kerjasama dan sinergisitas dengan stakeholder yang terkait tentang kemudahan dan mutu layanan perpustakaan serta standar SDM pengelola palyanan perpustakaan ditargetkan kunjungan perpustakaan tahun 2017 sebesar 4%akan tercapai dari jumlah penduduknya

Permasalahan yang dihadapi Dinas Perpustakaaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada akses jangkauan layanan perpustakaan, akibatnya warga masyarakat belum optimal menikmati sarana fasilitas untuk pendidikan seperti buku,, informasi pengetahuan berbasis teknologi informasi. Selanjutnya strategi layanan perpustakaan yang dilaksanakan belum sepenuhnya sesuai karakter dan budaya warganya, akibatnya tidak smua segmen terlayani dengan tepat guna. Untuk memenuhi kebutuhan permasalah dimaksud diperlukan metode, sarana dan kerjasama yang dibangun secara sinergi dengan adanya petunjuk teknis pelayanan perpustakaan yang standar, perjanjian kerjasama dengan PT. Woolo Aksaramaya Jakarta pengembangan perpustakaan digital (iHSS). Perjanjian kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan tentang pinjam pakai Mobil Taman Bacaab Masyarakat (TBM) dan Motor Pintar (MP) untuk pemerataan layanan perpustakaan . Perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Desa untuk kemudahan layanan dan pembinaan perpustakaan desa dan perjanjian kerjasama dengan Perguruan Tinggi STAI Darul Ulum Kandangan untuk publikasi dan sosialisasi pengguna perpustakaan. Inovasi SIP Mantek Pedemas tersebut berperan penting mengatasi permasalahan akses jangkauan layanan perpustakaan sesuai karakter dan budaya warganya, hadirnya Mobil Taman Bacaan Masyarakat, Motor Pintar, bantuan mobil perpustakaan multimedia dari Perpustakaan Nasional RI Tahun 2017, dan hadirnya perpustakaan digital (iHSS) diperuntukkan untuk masyarakat yang sibuk bekerja dapat membaca dimanapun dan kapanpun bisa dilakukan.  

Laporan statistik perpustakaan, untuk mengukur kehadiran pengunjung ke perpustakaan baik layanan sirkulasi, perpustakaan keliling, layanan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Layanan Motor Pintar (MP) dan Perpustakaan digital (iHSS)IKM untuk mengukur dan menganalisa standar pelayanan perpustakaan bagi pengguna perpustakaan terkait kualitas pelayanan.Persentase Penigkatan Pemustaka Per tahun Dari hasil evaluasi, diperoleh adanya peningkatan yang cukup signifikan terhadap minat dan budaya baca masyarakat dari target organisasi tercapai dengan sangat baik dan kepuasan masyarakat sangat baik. Berdasarkan data kunjungan pemustaka mencapai 225% dan kepuasan pelayanan yang diberikan mencapai 86% dengan katagori sangat baik. 

Video Tidak Tersedia

All rights Reserved © Your Company, 2021

Made with   by ThemeWagon