INOVASI
Nama Instansi | DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH |
---|---|
Nama Inovasi | - Sinergi Pelayanan Manual dan Teknologi Perpustakaan dekat Masyarakat (SIP MANTEK PEDEMAS) |
Jenis Inovasi | Digital |
Inisiator | OPD |
Bentuk Inovasi | Inovasi Pelayanan Publik |
Waktu Uji Coba | 20-02-2023 |
Waktu Implementasi | 20-02-2023 |
Berdasarkandata laporan dari statistik perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan
tahun2016 jumlah pengunjung perpustakaan dengan katagori usia 5 – 59 Tahun
sebanyak12.017 orang per tahunnya, artinya hanya rata-rata 1,5% dari jumlahpenduduknya.
Data tersebut menunjukkan bahwa minat dan budaya baca masyarakatdi Kabupaten Hulu
Sungai Selatan masih rendah. Dengan adanya inovasi SIP MantekPedemas dirancang
menghadirkan strategi Sinergi Pelayanan Manual dan TeknologiPerpustakaan dekat
Masyarakat (SIP MANTEK PEDEMAS). Inovasi ini berorientasipada perubahan variasi bidang
perpustakaan, pemantapan kerjasama dan sinergisitasserta peningkatan Kapasitas SDM
pengelola perpustakaan. Dengan hadirnya variasilayanan bidang perpusstakaan baik layanan
manual maupun teknologi, adanyakerjasama dan sinergisitas dengan stakeholder yang terkait
tentang kemudahandan mutu layanan perpustakaan serta standar SDM pengelola
pelayananperpustakaan. Inovasi ini merupakan pembaruan baru dalam mengatasi
permasalahyang timbul dari rendahnya minat dan budaya baca masyarakat. Artinya inovasiini
dirancang atas permasalahan dan kebutuhan masyarakatnya serta penentuantarget sasaran
organisasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten HuluSungai Selatan tahun
2017sebesar 4% target kunjungan orang hadir kePerpustakaan tercapai sekitar 12,19% dari
penduduk warga Hulu Sungai Selatanyang berusia 5b- 59 tahun. Inovasi ini cukup berhasil
karena masyarakat sangatdimudahkan dalam mengakses layanan perpustakaan baik layanan
manual maupunteknologi perpustakaan berdasarkan karakter dan budaya warganya. Inovasi
inidapat dikembangkan lebih baik dan berkelanjutan dengan cara pemenuhan standarSDM
pengelola perpustakaan dalam teknis operasionalnya dan lebih terencana.
Berdasarkan data laporan dari statistik perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun
2016 jumlah pengunjung perpustakaan dengan katagori usia 5 – 59 Tahun sebanyak 12.017
orang per tahunnya, artinya hanya rata-rata 1,5% dari jumlah penduduknya. Data tersebut
menunjukkan bahwa minat dan budaya baca masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Selatan
masih rendah. Rendahnya minat dan budaya baca tersebut diantaranya kurangnya akses
pelayanan perpustakaaan dan strategi pelayanan perpustakaan kepada masyarakat, artinya
pelayanan bidang perpustakaan yang dilaksanakan belum melayani semua segmen
masyarakat dan belum sesuai karakter budaya warganya. Memperhatikan kondisi masalah
tersebut, inovasi yang dirancang menghadirkan strategi Sinergi Pelayanan Manual dan
Teknologi Perpustakaan dekat Masyarakat (SIP MANTEK PEDEMAS). Inovasi ini
berorientasi pada perubahan variasi bidang perpustakaan, pemantapan kerjasama dan
sinergisitas serta peningkatan Kapasitas SDM pengelola perpustakaan. Dengan hadirnya
variasi layanan bidang perpusstakaan baik layanan manual maupun teknologi, adanya
kerjasama dan sinergisitas dengan stakeholder yang terkait tentang kemudahan dan mutu
layanan perpustakaan serta standar SDM pengelola palyanan perpustakaan ditargetkan
kunjungan perpustakaan tahun 2017 sebesar 4%akan tercapai dari jumlah penduduknya
Permasalahan yang dihadapi Dinas Perpustakaaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai
Selatan pada akses jangkauan layanan perpustakaan, akibatnya warga masyarakat belum
optimal menikmati sarana fasilitas untuk pendidikan seperti buku,, informasi pengetahuan
berbasis teknologi informasi. Selanjutnya strategi layanan perpustakaan yang dilaksanakan
belum sepenuhnya sesuai karakter dan budaya warganya, akibatnya tidak smua segmen
terlayani dengan tepat guna. Untuk memenuhi kebutuhan permasalah dimaksud diperlukan
metode, sarana dan kerjasama yang dibangun secara sinergi dengan adanya petunjuk teknis
pelayanan perpustakaan yang standar, perjanjian kerjasama dengan PT. Woolo Aksaramaya
Jakarta pengembangan perpustakaan digital (iHSS). Perjanjian kerjasama dengan Dinas
Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan tentang pinjam pakai Mobil Taman Bacaab
Masyarakat (TBM) dan Motor Pintar (MP) untuk pemerataan layanan perpustakaan .
Perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Desa untuk kemudahan layanan dan pembinaan
perpustakaan desa dan perjanjian kerjasama dengan Perguruan Tinggi STAI Darul Ulum
Kandangan untuk publikasi dan sosialisasi pengguna perpustakaan. Inovasi SIP Mantek
Pedemas tersebut berperan penting mengatasi permasalahan akses jangkauan layanan
perpustakaan sesuai karakter dan budaya warganya, hadirnya Mobil Taman Bacaan
Masyarakat, Motor Pintar, bantuan mobil perpustakaan multimedia dari Perpustakaan
Nasional RI Tahun 2017, dan hadirnya perpustakaan digital (iHSS) diperuntukkan untuk
masyarakat yang sibuk bekerja dapat membaca dimanapun dan kapanpun bisa dilakukan.
Laporan statistik perpustakaan, untuk mengukur kehadiran pengunjung ke perpustakaan baik
layanan sirkulasi, perpustakaan keliling, layanan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Layanan
Motor Pintar (MP) dan Perpustakaan digital (iHSS)IKM untuk mengukur dan menganalisa
standar pelayanan perpustakaan bagi pengguna perpustakaan terkait kualitas
pelayanan.Persentase Penigkatan Pemustaka Per tahun Dari hasil evaluasi, diperoleh
adanya peningkatan yang cukup signifikan terhadap minat dan budaya baca masyarakat dari
target organisasi tercapai dengan sangat baik dan kepuasan masyarakat sangat baik.
Berdasarkan data kunjungan pemustaka mencapai 225% dan kepuasan pelayanan yang
diberikan mencapai 86% dengan katagori sangat baik.
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon