INOVASI
Nama Instansi | RSUD |
---|---|
Nama Inovasi | Perawat Yang Selalu Senyum, Empati, Humanis, Aman, Terampil dan Islami (PERAWAT SEHATI) |
Jenis Inovasi | Digital |
Inisiator | ASN |
Bentuk Inovasi | Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah |
Waktu Uji Coba | 01-06-2022 |
Waktu Implementasi | 04-07-2022 |
Inovasi Perawat Yang Selalu Senyum,
Empati, Humanis, Aman, Terampil dan Islami (PERAWAT SEHATI) membangun hubungan
interpesonal dari seorang perawat kepada pasiennya dengan mengedepankan
pelayanan yang membuat pasien merasa dihargai dan aman dalam menerima pelayanan
keperawatan yang di berikan kepada dirinya, hal ini dapat mempercepat proses
penyembuhan penyakit dan membuat pasien termotivasi untuk sembuh. perawatan
kesehatan adalah pemeliharaan atau peningkatan status kesehatan melalui
usaha-usaha pencegahan, diagnosis, terapi, pemulihan, atau penyembuhan
penyakit, cedera, serta gangguan fisik dan mental lainnya. Pelayanan kesehatan
diberikan secara profesional oleh tenaga kesehatan dan tenaga pendukung
kesehatan, misalnya dokter, dokter gigi, perawat, bidan, apoteker, beserta
asisten-asistennya. Kegiatan pelayanan kesehatan diberikan di fasilitas kesehatan
primer, sekunder, tersier, serta mencakup kesehatan masyarakat. Pelayanan
kesehatan meliputi peningkatan, pencegahan, pengobatan, dan pemulihan, baik
pelayanan kesehatan konvensional maupun pelayanan kesehatan tradisional,
alternatif dan komplementer. Pelayanan kesehatan meliputi pelayanan kesehatan tingkat
pertama/primer, pelayanan kesehatan tingkat kedua/sekunder dan pelayanan
kesehatan tingkat ketiga/tersier.
1. Pelayanan yang diberikan kepada
pasien mencapai standar yang diharapkan dan memenuhi harapan pasien akan
kualitas pelayanan keperawatan yang memuasakan serta bermutu tinggi.
2. Meminimalkan keluhan atas pelayanan
keperawatan yang diterimanya. Apabila asuhan keperawatan buruk, respon yang ditimbulkan
berupa kekecewaan atau komplain. Sebaliknya, bila pelayanan keperawatan baik,
respon yang ditimbulkan adalah kepuasan berupa kesan-kesan positif yang
mendalam.
3. Kehadiran perawat dapat
menentramkan hati pasien.
4. Terbinannya hubungan innterpersonal
yang baik sehingga dapat membantu pasien dalam pengabilan keputusan terbaik
atas pengobatan penyakitnya.
5. Menjamin kebutuhan spiritual
keagamaan pasien dapat tetaap terlayani dalam masa perawatan penyakitnya.
6. Memberikan pelayanan yang tulus
dalam hal sekecil apapun kepadaa pasien, meskipun itu hanya sebuah senyuman
Inovasi ini telah dilakukan evaluasi
secara internal dan akan terus ditingkatkan dengan terus memperbaiki berbagai
kekurangan yang ada. Evaluasi dilakukan seksi hukum dan humas dengan melihat
jumlah pengaduan yang disampaikan oleh pasien atas pelayanan yang telah mereka
dapatkan di RSUD B. H. Hasan Basry Kandangan. Inovasiini sangat berdampak bagus
terhadap rumah sakit karena meminimallkan keluhan dan meningkatkan kepuasan
pasien yang menjadi tujuan utama pelayanan. Pasien termotivasi untuk sembuh.
Inovasi ini memastikan seluruh kebutuhan pasien terpenuhi dari segi pelayanan,
aktualitas diri maupun pemenuhan kebutuhan spiritual pasien yang terkadang
terlupakan dalam masa masa perawatan penyakitnya.
Inovasi Perawat Yang Selalu Senyum, Empati, Humanis, Aman, Terampil dan Islami (PERAWAT SEHATI) membuat Pasien termotivasi untuk sembuh. Inovasi ini memastikan seluruh kebutuhan pasien terpenuhi dari segi pelayanan, aktualitas diri maupun pemenuhan kebutuhan spiritual pasien yang terkadang terlupakan dalam masa masa perawatan penyakitnya.
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon