INOVASI
Nama Instansi | RSUD |
---|---|
Nama Inovasi | SI IDAH PEDALAMAN (Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan dalam Genggaman) |
Jenis Inovasi | Digital |
Inisiator | ASN |
Bentuk Inovasi | Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah |
Waktu Uji Coba | 27-06-2022 |
Waktu Implementasi | 04-07-2022 |
Rumah Sakit Umum Daerah Brigjend H. Hasan Basry
Kandangan merupakan rumah sakit syariah dan rumah sakit kelas B rujukan yang
melayani se Banua Anam (Kab. HSS, Kab. HST, Kab. HSU, Kab. Tapin, Kab.
Balangan, Kab. Tabalong). Dengan jumlah kunjungan Poliklinik rawat jalan
(pendaftaran, poliklinik dan farmasi) rata-rata 200 orang perhari, membuat
waktu tunggu pelayanan menjadi lama dengan rata-rata 5-6 jam dan terjadi
penumpukan pasien di ruang tunggu pendaftaran, poliklinik dan farmasi.
Keterbatasan akses Informasi jadwal dokter yang bertugas, Keterbatasan
informasi ketersediaan kamar, Keterbatasan informasi pendonor darah menimbulkan
banyak ketidaknyamanan dan keluhan dari masyarakat. Sistem Informasi Kemudahan
Pelayanan Dalam Genggaman (SI IDAH PEDALAMAN) dikembangkan untuk memutus rantai
penularan Covid 19 akibat kerumunan,banyaknya keluhan masyarakat mengenai
proses pendaftaran dan antrian yang terlalu lama,sulitnya mencari pendonor
darah,tidak mengetahui jadwal dokter,sungkan menyampaikan keluhan serta
kurangnya informasi pelayanan publik.Aplikasi ini merupakan gabungan dari
beberapa inovasi yang telah ada.Melalui inovasi ini,beberapa aplikasi pelayanan
digabung menjadi satu,untuk memudahkan masyarakat dalam penggunaannya.
Inovasi ini berdampak signifikan
terhadap:
1). Penurunan jumlah kerumunan
dikarenakan masyarakat bisa melakukan pendaftaran dan melihat antrian secara
online melalui SI IDAH PEDALAMAN (Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan dalam
Genggaman).
2). Pengurangan waktu tunggu
pasien di pendaftaran, poliklinik dan farmasi yang sebelumnya berkisar 5-6 jam
menjadi 5 -15 menit.
3). Menurunnya angka pengaduan
masyarakat dari 18 ditahun 2021 menjadi 5 ditahun 2022
4). Meningkatnya indeks kepuasan
masyarakat dari 86,80 (Semester 2 Tahun 2021) menjadi 89,95 (Januari 2022),
5). Terjadi kenaikan kunjungan
rumah sakit dirawat jalan tahun 2021 (61.990 kunjungan) menjadi 63.445
kunjungan ditahun 2022,
6). Jadwal dokter yang bertugas
mudah diketahui secara online,
7). Data pendonor darah mudah
diakses,
8). Informasi ketersediaan kamar
mudah diakses. Sisi kebaruan atau nilai tambah Inovasi.
Inovasi ini pertama kali
diluncurkan difasilitasi dengan penggabungan banyak aplikasi layanan dan kolom
pengaduan masyarakat untuk menjamin kemudahan seluruh stakeholders dalam
mendapatkan pelayanan yang tersedia di rumah sakit. Dengan nilai tambah inovasi
ini masyarakat dapat dengan mudah memperoleh Informasi yang akurat akan jenis
pelayanan, jadwal pelayanan, fasilitas yang tersedia, pelayanan penunjang dan
pendaftaran online, Meningkatkan Kualitas Pelayanan yang diterima, Adanya
Transparansi dan akuntabel, Kepastian akan pelayanan yang diterima, Dapat
secara langsung memberikan kritik maupun saran yang membangun untuk setiap
pelayanan yang telah diterima dan dapat secara langsung berpartisipasi sebagai
responden survey kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh rumah sakit. Kemudian
untuk menambah pelayanan terhadap masyarakat maka RSUD Brigjend H. Hasan Basry
Kandangan menambahkan aplikasi SI LANJUNG kedalam inovasi aplikasi SI IDAH
PEDALAMAN dengan harapan obat dapat segera diterima oleh pasien, selain itu pasien
dapat memilih fasilitas COD yang mana pasien hanya menunggu di rumah dan obat
akan diantarkan oleh petugas.
Aplikasi ini bertujuan untuk
memangkas waktu tunggu pelayanan di pendaftaran, poliklinik dan farmasi yang
sebelumnya berkisar 2-3 jam, Menurunkan angka pengaduan masyarakat dimana di
tahun 2023 sebanyak 6 pengaduan, Meningkatkan nilai indeks kepuasan masyarakat
dimana pada tahun 2023 semester 2 sebesar 84,82 dan nilai IKM Semester 2 Tahun
2023 sebesar 86,80, menaikkan kunjungan rumah sakit rawat jalan dimana ditahun
2023 (61.990 kunjungan), memudahkan mengetahui secara online jadwal dokter yang
bertugas, memudahkan mengakses data pendonor darah, memudahkan informasi
ketersediaan kamar mudah diakses serta memudahkan mendapatkan informasi
pelayanan publik lainnya yang tersedia RSUD B. H. Hasan basry Kandangan.
Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan
kesehatan dan sebagai wujud transpransi pelayanan yang diberikan kepada
masyarakat.
Tersedianya kebijakan pelayanan kesehatan terpadu yang didukung oleh aplikasi berbasis IT bagi seluruh
kegiatan pelayanan Kesehatan yang ada di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan dan meningkatkan
kualitas Sumber Daya Manusia dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan
pelayanan kesehatan dan sebagai wujud transpransi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
Sebelum adanya inovasi Si Idah
Pedalaman terjadi beberapa permasalahan sebagai berikut:
1. Penumpukan pasien di ruang
tunggu pendaftaran, poliklinik dan farmasi karena hanya tersedia pendaftaran
secara manual.
2. Waktu tunggu pelayanan sangat
lama berkisar 5 – 6 Jam atau bahkan bisa sampai besok hari baru bisa terlayani.
3. Masyarakat sangat terbatas
mengetahui informasi jadwal dokter yang bertugas dan tidak mengetahui Jumlah
Pasien yang sudah mendaftar,
4. Keterbatasan informasi
ketersediaan kamar,
5. Keterbatasan informasi
pendonor darah,
6. Terlalu banyak aplikasi di
Rumah Sakit yang harus di download oleh masyarakat, dan
7. Banyaknya masuk pengaduan
masyarakat.
Dengan adanya permasalahan
tersebut. Maka diciptakan Inovasi SI IDAH PEDALAMAN (Sistem Informasi Kemudahan
Pelayanan dalam Genggaman) yang berhasil membuat perubahan sebagai berikut:
1. Tidak terjadi lagi Penumpukan
pasien di ruang tunggu pendaftaran, poliklinik dan farmasi karena sudah
terlayani secara online.
2. Waktu tunggu pelayanan menjadi
lebih pendek hanya 5-15 menit saja
3. Informasi jadwal dokter yang
bertugas dan jumlah pasien yang mendaftar sudah bisa diketahui.
4. Informasi ketersediaan kamar
sudah sangat mudah diketahui.
5. Informasi pendonor darah sudah
sangat mudah diketahui.
6. Semua aplikasi sudah terkumpul
dalam satu wadah yaitu SI IDAH PEDALAMAN (Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan
dalam Genggaman).
7. Berkurangnya jumlah pengaduan
yang semula 18 ditahun 2022 menjadi 5 ditahun 2023.
Aplikasi Si Idah dapat didownload
di Playstore dengan link :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.siidah
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon