INOVASI

Nama Instansi BKD
Nama Inovasi ASIK Online V.2 (Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian Online)
Jenis Inovasi Digital
Inisiator ASN
Bentuk Inovasi Inovasi Pelayanan Publik
Waktu Uji Coba 01-02-2019
Waktu Implementasi 02-02-2021

Inovasi menurut Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 adalah semua bentuk pembaharuan  dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan peningkatan daya saing daerah itu sendiri. Melalui PP Nomor 38 Tahun 2017 ini pemerintah menginginkan adanya pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah tidak hanya pembaharuan dalam internal, tetapi juga pembaharuan bagi pelayanan publik sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat daerah tersebut.
Setiap organisasi pasti mempunyai sumberdaya manusia (SDM) atau pegawai yang berfungsi untuk mengelola organisasi tersebut dengan baik. Pegawai merupakan sumber keberhasilan dan tulang punggung dari suatu organisasi dalam menjalankan aktivitasnya sehingga sistem kepegawaian perlu dikelola sebaik mungkin dengan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan sistemnya. Proses pengurusan administrasi kepegawaian di Pemerintahan mengikuti prosedur birokrasi sesuai peraturan yang berlaku dan melibatkan banyak unit instansi terkait, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama serta sering mengalami kesulitan untuk memantaunya secara manual. Kondisi ini sering kali menjadi kendala yang dihadapi oleh para pengelola kepegawaian di tingkat unit kerja (UK), unit pelaksana teknis (UPT), ataupun para pejabat bersangkutan yang menginginkan informasi secara mudah, cepat, tepat, dan akurat.
Berdasarkan kenyataan tersebut, untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, maka perlu adanya rancang bangun sistem informasi yang cerdas dan terpadu serta mampu mengolah data terdistribusi pada jaringan komputer yang luas dengan dukungan teknologi. Dalam suatu konsep tools berbasis komputer untuk menangani rancangan dan analisis sistem informasi pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang dapat dilakukan secara
online berbasis web browser sehingga diharapkan mampu menghasilkan informasi penting yang diperlukan dalam pengambilan keputusan.
Memonitor, dan mempercepat dalam mengurus proses administrasi kepegawaian yang merupakan tuntutan penerapan administrasi modern. Dalam jangka panjang diharapkan dapat terciptanya manajemen kepegawaian pada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan secara umum yang interaktif, transparan, responsif, akuntabel, dan partisipatif. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi penerapan e-govermentdi.
ASIK Online adalah Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian yang dirancang untuk menangani berbagai hal dalam pengurusan kepegawaian mulai dari pengisian, pengolahan dan pemusatan data secara terkomputerisasi sehingga dapat menangani berbagai laporan yang berhubungan dengan kepegawaian.
ASIK Online ini dapat diakses menggunakan internet sehingga dapat lebih mudah diakses dan memudahkan dalam proses administrasi kepegawaian. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Hulu Sungai Selatan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN) danpelayanan kepegawaian.
BKPSDM mempunyai tugas dan fungsi mengurusi masalah kepegawaian, pendidikan, pelatihan, dan pengadaan atau penerimaan ASN. “Maka perlu ada peningkatan kualitas pelayanan profesional, agar semakin mudah, cepat, dan tepat. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, BKPSDM melakukan beberapa inovasi. Diantaranya layanan ASIK Online, berupa kemudahan pelayanan administrasi kepegawaian yang memuat data detail pegawai, riwayat pegawai, riwayat
kenaikan gaji berkala, riwayat pendidikan, riwayat keluarga dan informasi kepegawaian lainnya Pada Inovasi ASIK Online V.2 (Tahap 2) pada Tahun 2021 dilakukan beberapa pembaharuan data dan layanan seperti : Update Pendidikan Terakhir, Gelar, Data Pribadi Pegawai dan Kenaikan Gaji Berkala.
Penambahan layanan ini secara lebih detail bisa dilihat dalam Panduan Penggunaan Aplikasi.

Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (Profil Kepegawaian) yang cepat dan akurat. Dapat terwujudnya suatu sistem informasi manajemen yang berintegrasi dalam suatu jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang bermutu untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi. Ini merupakan langkah pendekatan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Salah satunya melalui ASIK ONLINE ini sebagai bagian dari perbaikan pelayanan kepada ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat
2. Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
3. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan SDM
4. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
5. Memperbaiki produktivitas SDM dalam perusahaan
6. Menyediakan Informasi Pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai
7. Membantu Kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan.

1. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (Profil Kepegawaian) yang cepat dan akurat
2. Pembuatan Laporan dapat mudah dikerjakan.
3. Mengetahui Pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala
4. Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya
5. Merencanakan Kebutuhan Pegawai (Neraca Kebutuhan Pegawai )
6. Memudahkan dalam pengelolaan beban kerja kepada pegawa

All rights Reserved © Your Company, 2021

Made with   by ThemeWagon