INOVASI

Nama Instansi RSUD
Nama Inovasi SI IDAH PEDALAMAN (Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan dalam Genggaman)
Jenis Inovasi Digital
Inisiator ASN
Bentuk Inovasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah
Waktu Uji Coba 27-06-2022
Waktu Implementasi 04-07-2022

RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan merupakan rumah sakit syariah dan rumah sakit kelas B rujukan yang melayani se Banua Anam (Kab. HSS, Kab. HST, Kab. HSU, Kab. Tapin, Kab. Balangan, Kab. Tabalong). Dengan jumlah kunjungan Poliklinik rawat jalan (pendaftaran, poliklinik dan farmasi) rata-rata 200 orang perhari, membuat waktu tunggu pelayanan menjadi lama dengan rata-rata 5-6 jam dan terjadi penumpukan pasien di ruang tunggu pendaftaran, poliklinik dan farmasi. Keterbatasan akses Informasi jadwal dokter yang bertugas, Keterbatasan informasi ketersediaan kamar, Keterbatasan informasi pendonor darah menimbulkan banyak ketidaknyamanan dan keluhan dari masyarakat.

Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan Dalam Genggaman (SI IDAHPEDALAMAN) dikembangkan untuk memutus rantai penularan Covid 19 akibat kerumunan,banyaknya keluhan masyarakat mengenai proses pendaftaran dan antrian yang terlalu lama,sulitnya mencari pendonor darah,tidak mengetahui jadwal dokter,sungkan menyampaikan keluhan serta kurangnya informasi pelayanan publik.Aplikasi ini merupakan gabungan dari beberapa inovasi yang telah ada.Melalui inovasi ini,beberapa aplikasi pelayanan digabung menjadi satu,untuk memudahkan masyarakat dalam penggunaannya.

Inovasi ini berdampak signifikan terhadap:

1). Penurunan jumlah kerumunan dikarenakan masyarakat bisa melakukan pendaftaran dan melihat antrian secara online melalui SI IDAH PEDALAMAN (Sistem               Informasi Kemudahan Pelayanan dalam Genggaman).

2). Pengurangan waktu tunggu pasien di pendaftaran, poliklinik dan farmasi yang sebelumnya berkisar 5-6 jam menjadi 5-15 menit.

3). Menurunnya angka pengaduan masyarakat dari 18 ditahun 2021 menjadi 5 ditahun 2022

4). Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat dari 86,80 (Semester 2 Tahun 2021) menjadi 89,95 (Januari 2022),

5). Terjadi kenaikan kunjungan rumah sakit dirawat jalan tahun 2021 (61.990 kunjungan) menjadi 63.445 kunjungan ditahun 2022,

6). Jadwal dokter yang bertugas mudah diketahui secara online,

7). Data pendonor darah mudah diakses,

8). Informasi ketersediaan kamar mudah diakses.

Sisi kebaruan atau nilai tambah Inovasi. Inovasi ini pertama kali diluncurkan difasilitasi dengan penggabungan banyak aplikasi layanan dan kolom pengaduan masyarakat untuk menjamin kemudahan seluruh stakeholders dalam mendapatkan pelayanan yang tersedia di rumah sakit. Dengan nilai tambah inovasi ini masyarakat dapat dengan mudah memperoleh Informasi yang akurat akan jenis pelayanan, jadwal pelayanan, fasilitas yang tersedia, pelayanan penunjang dan pendaftaran online, Meningkatkan Kualitas Pelayanan yang diterima, Adanya Transparansi dan akuntabel, Kepastian akan pelayanan yang diterima, Dapat secara langsung memberikan kritik maupun saran yang membangun untuk setiap pelayanan yang telah diterima dan dapat secara langsung berpartisipasi sebagai responden survey kepuasan masyarakat yang dilakukan oleh rumah sakit. 

Kemudian untuk menambah pelayanan terhadap masyarakat maka RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan menambahkan aplikasi SI LANJUNG kedalam inovasi aplikasi SI IDAH PEDALAMAN dengan harapan obat dapat segera diterima oleh pasien, selain itu pasien dapat memilih fasilitas COD yang mana pasien hanya menunggu di rumah dan obat akan diantarkan oleh petugas.

Aplikasi ini bertujuan untuk memangkas waktu tunggu pelayanan di pendaftaran, poliklinik dan farmasi yang sebelumnya berkisar 2-3 jam, Menurunkan angka pengaduan masyarakat dimana di tahun 2020 sebanyak 6 pengaduan, Meningkatkan nilai indeks kepuasan masyarakat dimana pada tahun 2020 semester II sebesar 84,82 dan nilai IKM Semester 2 Tahun 2021 sebesar 86,80,menaikkan kunjungan rumah sakit rawat jalan dimana ditahun 2020 (61.990 kunjungan), memudahkan mengetahui secara online jadwal dokter yang bertugas, memudahkan mengakses data pendonor darah, memudahkan informasi ketersediaan kamar mudah diakses serta memudahkan mendapatkan informasi pelayanan publik lainnya yang tersedia RSUD B. H. Hasan basry Kandangan. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan sebagai wujud transpransi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Tersedianya kebijakan pelayanan kesehatan terpadu yang didukung oleh aplikasi berbasis IT bagi seluruh kegiatan pelayanan Kesehatan yang ada di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan sebagai wujud transpransi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Sebelum adanya inovasi Si Idah Pedalaman terjadi beberapa permasalahan sebagai berikut:

1. Penumpukan pasien di ruang tunggu pendaftaran, poliklinik dan farmasi karena hanya tersedia pendaftaran secara manual.

2. Waktu tunggu pelayanan sangat lama berkisar 5 – 6 Jam atau bahkan bisa sampai besok hari baru bisa terlayani.

3. Masyarakat sangat terbatas mengetahui informasi jadwal dokter yang bertugas dan tidak mengetahui Jumlah Pasien yang sudah mendaftar,

4. Keterbatasan informasi ketersediaan kamar,

5. Keterbatasan informasi pendonor darah,

6. Terlalu banyak aplikasi di Rumah Sakit yang harus di download oleh masyarakat, dan

7. Banyaknya masuk pengaduan masyarakat.

Dengan adanya permasalahan tersebut. Maka diciptakan Inovasi SI IDAH PEDALAMAN (Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan dalam Genggaman) yang berhasil membuat perubahan sebagai berikut:

1.    Tidak terjadi lagi Penumpukan pasien di ruang tunggu pendaftaran, poliklinik dan farmasi karena sudah terlayani secara online.

2.    Waktu tunggu pelayanan menjadi lebih pendek hanya 5-15 menit saja

3.    Informasi jadwal dokter yang bertugas dan jumlah pasien yang mendaftar sudah bisa diketahui.

4.    Informasi ketersediaan kamar sudah sangat mudah diketahui.

5.    Informasi pendonor darah sudah sangat mudah diketahui.

6.    Semua aplikasi sudah terkumpul dalam satu wadah yaitu SI IDAH PEDALAMAN (Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan dalam Genggaman).

7.    Berkurangnya jumlah pengaduan yang semula 18 ditahun 2021 menjadi 5 ditahun 2022.

Aplikasi Si Idah dapat didownload di Playstore dengan link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.siidah

All rights Reserved © Your Company, 2021

Made with   by ThemeWagon