INOVASI
Nama Instansi | DISDIK |
---|---|
Nama Inovasi | SIAP (Sintem Informasi Absensi PAUD) |
Jenis Inovasi | Digital |
Inisiator | ASN |
Bentuk Inovasi | Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah |
Waktu Uji Coba | 22-11-2022 |
Waktu Implementasi | 22-12-2022 |
Perkembangan teknologi tidak
pernah ada habisnya. Makin waktu berjalan teknologi terus berkembang untuk
mempermudah kinerja manusia. Tahun 2022 lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bidang
PAUD dan PNF meluncurkan inovasi SIAP (Sistem Informasi Absensi PAUD) untuk
Lembaga PAUD se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Aplikasi SIAP ini bertujuan
untuk memberikan informasi yang cepat terhadap kehadiran GTK PAUD setiap
bulannya sehingga tidak perlu lagi melakukan rekapitulasi data kehadiran GTK yang
print outnya diserahkan setiap lembaga secara manual seperti sebelumnya yang
menyita banyak waktu sampai bermingu-minggu, lembaga hanya melakukan input
laporan pada menu Absensi PAUD dan Absensi Kehadiran GTK
Aplikasi
SIAP didesain untuk memberikan kemudahan akses informasi dan layanan yang lebih
baik ,efektif dan efisien terhadap penyelenggaraan PAUD dan PNF serta untuk
menutupi keterbatasan data yang ada di Aplikasi Manajemen Dapodik yang menurut
kami masih belum lengkap. Dengan adanya aplikasi SIAP ini diharapkan dapat
melengkapi kekurangan data yang ada di Dapodik yang selama ini belum ada
informasi dan layanan kehadiran GTK PAUD di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Aplikasi ini akan menyajikan data yang akurat, transparan,akuntabilitas dan bahkan
bisa diakses menggunakan android untuk penginputan pelaporannya
●
Pertama, sistem absen bertujuan untuk memonitor kehadiran GTK di Lembaga PAUD.
●
Kedua, absensi memungkinkan pencatatan data yang baik dan detail dalam suatu
sistem yang terintegrasi.
●
Ketiga, mempermudah perhitungan kehadiran GTK
Data absensi kehadiran GTK
akan tercatat dalam sistem secara lengkap, baik instansi maupun pihak terkait dapat melihat dan mengambil data
tersebut sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Proses perekapan data dan pembuatan
laporan juga akan lebih cepat, karena data sudah ada di dalam database.
Berbeda, jika absen kehadiran masih menggunakan sistem manual, akan membutuhkan
waktu lama untuk melakukan perekapan data guna membuat laporan.
Efisiensi dari penggunaan
kertas, karena data yang dulunya dalam bentuk lembaran kertas (hardcopy)
sekarang sudah tersimpan dalam data base (softh copy) dan tersedianya data kehadiran
Guru dan tenaga kependidikan akan mempermudah operator Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan yang akurat dan akuntabel serta meningkatkan kesadaran Guru dan tenaga kependidikan untuk lebih berdisiplin waktu, karena data kehadiran akan
terinput ke dalam sistem saat mereka melakukan input laporan absensi kehadiran.
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon