INOVASI

Nama Instansi DISDIK
Nama Inovasi SIAP (Sintem Informasi Absensi PAUD)
Jenis Inovasi Digital
Inisiator ASN
Bentuk Inovasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah
Waktu Uji Coba 22-11-2022
Waktu Implementasi 22-12-2022

Perkembangan teknologi tidak pernah ada habisnya. Makin waktu berjalan teknologi terus berkembang untuk mempermudah kinerja manusia. Tahun 2022 lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bidang PAUD dan PNF meluncurkan inovasi SIAP (Sistem Informasi Absensi PAUD) untuk Lembaga PAUD se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Aplikasi SIAP ini bertujuan untuk memberikan informasi yang cepat terhadap kehadiran GTK PAUD setiap bulannya sehingga tidak perlu lagi melakukan rekapitulasi data kehadiran GTK yang print outnya diserahkan setiap lembaga secara manual seperti sebelumnya yang menyita banyak waktu sampai bermingu-minggu, lembaga hanya melakukan input laporan pada menu Absensi PAUD dan Absensi Kehadiran GTK

‍Aplikasi SIAP didesain untuk memberikan kemudahan akses informasi dan layanan yang lebih baik ,efektif dan efisien terhadap penyelenggaraan PAUD dan PNF serta untuk menutupi keterbatasan data yang ada di Aplikasi Manajemen Dapodik yang menurut kami masih belum lengkap. Dengan adanya aplikasi SIAP ini diharapkan dapat melengkapi kekurangan data yang ada di Dapodik yang selama ini belum ada informasi dan layanan kehadiran GTK PAUD di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Aplikasi ini akan menyajikan data yang akurat, transparan,akuntabilitas dan bahkan bisa diakses menggunakan android untuk penginputan pelaporannya 

● Pertama, sistem absen bertujuan untuk memonitor kehadiran GTK di Lembaga PAUD.

● Kedua, absensi memungkinkan pencatatan data yang baik dan detail dalam suatu sistem yang terintegrasi.

● Ketiga, mempermudah perhitungan kehadiran GTK 

Data absensi kehadiran GTK akan tercatat dalam sistem secara lengkap, baik instansi maupun  pihak terkait dapat melihat dan mengambil data tersebut sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Proses perekapan data dan pembuatan laporan juga akan lebih cepat, karena data sudah ada di dalam database. Berbeda, jika absen kehadiran masih menggunakan sistem manual, akan membutuhkan waktu lama untuk melakukan perekapan data guna membuat laporan.

Efisiensi dari penggunaan kertas, karena data yang dulunya dalam bentuk lembaran kertas (hardcopy) sekarang sudah tersimpan dalam data base (softh copy)‍ dan tersedianya data kehadiran Guru dan tenaga kependidikan akan mempermudah operator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang akurat dan akuntabel serta meningkatkan kesadaran Guru dan tenaga kependidikan untuk lebih berdisiplin waktu, karena data kehadiran akan terinput ke dalam sistem saat mereka melakukan input laporan absensi kehadiran.

All rights Reserved © Your Company, 2021

Made with   by ThemeWagon