INOVASI

Nama Instansi RSUD.DAHASEJAHTERA
Nama Inovasi WADAI GAPIT (WADAh Informasi GeriAtri PInandu obaT)
Jenis Inovasi Digital
Inisiator OPD
Bentuk Inovasi Inovasi Pelayanan Publik
Waktu Uji Coba 10-01-2022
Waktu Implementasi 01-01-1970

1.     Rancang Bangun Inovasi

a.      Deskripsi rancangan inovasi

WADAI GAPIT (WADAh Informasi GeriAtri PInandu obaT) merupakan pelayananinformasi obat kepada pasien geriatri/lanjut usia (>60 tahun) ataupunpendamping pasien melalui media Whatsapp yang dilakukan oleh tenagafarmasi. Tenaga farmasi tidak hanya melakukan pelayanan informasi langsungterkait obat, tetapi juga mengedukasi pasien/pendamping melalui leafletmaupun video pendek yang diupload secara berkala melalui status Whatsapp.

b.     Langkah-langkah tahapan

·        Pasien atau pendamping pasien menyampaikanpertanyaan ataupun keluhan terkait dosis obat, indikasi/fungsi obat, efeksamping, cara penggunaan obat, dan sebagainya.

·        Petugas farmasi menerima petanyaan ataupunkeluhan dari pasien/pendamping pasien serta menanyakan identitas pasien (nama,umur, jenis kelamin, nomer kartu berobat)

·        Petugas farmasi menyampaikan jawaban/penjelasanterkait pertanyaan ataupun keluhan pasien/pendamping pasien

·        Pasien/pendamping pasien menerima jawaban/penjelasandari petugas farmasi

·        Jika pertanyaan ataupun keluhan memerlukanpenyelesaian dari petugas lain (dokter ataupun tenaga medis lainnya), makapetugas farmasi akan meneruskan kebagian terkait untuk diselesaikan.

c.      Sumber daya

·        Alat : 1 buah smartphone

·        SDM : 3 orang petugas farmasi (apoteker)

1.      Tujuan Inovasi Daerah

WADAI GAPIT (WADAh Informasi GeriAtri PInandu obaT) mempunyai tujuan utama meningkatkan pengetahuan pasien geriatri/lansia tentang obat, baik dari aturan pakai, dosis, efek samping, dan sebagainya. Mengingat pada pasien-pasien lanjut usia terjadi proses penuaan yang bersifat universal yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada berbagai organ dalam tubuh seperti sistem gastrointestinal, sistem endokrin, sistem saraf pusat dan sebagainya.

Pasien geriatri/lansia memerlukan pelayanan farmasi yang berbeda dari pasien usia muda. Penyakit yang beragam dan jenis obat yang banyak adalah hal yang sering terjadi pada pasien usia lanjut. Faktor inilah yang menyebabkan pasien mengalami kesulitan dalam mematuhi atau menggunakan terapi obat. Maka dari itu diperlukan penjelasan yang lebih akurat dan lebih rinci kepada pasien tersebut.

1.      Manfaat yang diperoleh

Dalam aspek sosial, inovasi ini akan menciptakan kepedulian yang kuat terhadap pasien geriatri/lanjut usia sekaligus memberikan informasi secara cepat. Selain itu pasien juga mendapatkan informasi secara langsung dari tempat pasien mendapatkan obat.

Dalam aspek ekonomi, inovasi ini tidak memerlukan biaya dan tenaga yang besar, hanya memerlukan aplikasi yang sering dipakai sehari-hari di smartphone yang digunakan pasien/pendamping pasien.

Dalam aspek profesional, inovasi ini meningkatkan peran petugas farmasi untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan mengubah paradigma dari drug oriented menjadi patient oriented, yaitu pelayanan yang berorientasikan kapada pasien secara langsung.

1.      Hasil Inovasi

Hasil dari inovasi ini adalah meningkatkan pengetahuan pasien geriatri tentang obat, mengurangi terjadinya efek samping karena obat, serta meningkatkan kualitas hidup pasien.

Video Tidak Tersedia

All rights Reserved © Your Company, 2021

Made with   by ThemeWagon