INOVASI
Nama Instansi | RSUD.DAHASEJAHTERA |
---|---|
Nama Inovasi | WADAI GAPIT (WADAh Informasi GeriAtri PInandu obaT) |
Jenis Inovasi | Digital |
Inisiator | OPD |
Bentuk Inovasi | Inovasi Pelayanan Publik |
Waktu Uji Coba | 10-01-2022 |
Waktu Implementasi | 01-01-1970 |
1. Rancang Bangun Inovasi
a. Deskripsi rancangan inovasi
WADAI GAPIT (WADAh Informasi GeriAtri PInandu obaT) merupakan pelayananinformasi obat kepada pasien geriatri/lanjut usia (>60 tahun) ataupunpendamping pasien melalui media Whatsapp yang dilakukan oleh tenagafarmasi. Tenaga farmasi tidak hanya melakukan pelayanan informasi langsungterkait obat, tetapi juga mengedukasi pasien/pendamping melalui leafletmaupun video pendek yang diupload secara berkala melalui status Whatsapp.
b. Langkah-langkah tahapan
· Pasien atau pendamping pasien menyampaikanpertanyaan ataupun keluhan terkait dosis obat, indikasi/fungsi obat, efeksamping, cara penggunaan obat, dan sebagainya.
· Petugas farmasi menerima petanyaan ataupunkeluhan dari pasien/pendamping pasien serta menanyakan identitas pasien (nama,umur, jenis kelamin, nomer kartu berobat)
· Petugas farmasi menyampaikan jawaban/penjelasanterkait pertanyaan ataupun keluhan pasien/pendamping pasien
· Pasien/pendamping pasien menerima jawaban/penjelasandari petugas farmasi
· Jika pertanyaan ataupun keluhan memerlukanpenyelesaian dari petugas lain (dokter ataupun tenaga medis lainnya), makapetugas farmasi akan meneruskan kebagian terkait untuk diselesaikan.
c. Sumber daya
· Alat : 1 buah smartphone
· SDM : 3 orang petugas farmasi (apoteker)
1.
Tujuan Inovasi Daerah
WADAI GAPIT (WADAh Informasi GeriAtri
PInandu obaT) mempunyai tujuan utama meningkatkan pengetahuan pasien geriatri/lansia
tentang obat, baik dari aturan pakai, dosis, efek samping, dan sebagainya. Mengingat
pada pasien-pasien lanjut usia terjadi proses penuaan yang bersifat universal
yang mengakibatkan terjadinya perubahan pada berbagai organ dalam tubuh seperti
sistem gastrointestinal, sistem endokrin, sistem saraf pusat dan sebagainya.
Pasien geriatri/lansia memerlukan pelayanan
farmasi yang berbeda dari pasien usia muda. Penyakit yang beragam dan jenis obat
yang banyak adalah hal yang sering terjadi pada pasien usia lanjut. Faktor inilah
yang menyebabkan pasien mengalami kesulitan dalam mematuhi atau menggunakan
terapi obat. Maka dari itu diperlukan penjelasan yang lebih akurat dan lebih
rinci kepada pasien tersebut.
1.
Manfaat yang diperoleh
Dalam aspek sosial, inovasi ini akan menciptakan
kepedulian yang kuat terhadap pasien geriatri/lanjut usia sekaligus memberikan
informasi secara cepat. Selain itu pasien juga mendapatkan informasi secara
langsung dari tempat pasien mendapatkan obat.
Dalam aspek ekonomi, inovasi ini tidak
memerlukan biaya dan tenaga yang besar, hanya memerlukan aplikasi yang sering
dipakai sehari-hari di smartphone yang digunakan pasien/pendamping pasien.
Dalam aspek profesional, inovasi ini meningkatkan
peran petugas farmasi untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan mengubah
paradigma dari drug oriented menjadi patient oriented, yaitu pelayanan yang
berorientasikan kapada pasien secara langsung.
1.
Hasil Inovasi
Hasil dari inovasi ini adalah meningkatkan pengetahuan pasien geriatri
tentang obat, mengurangi terjadinya efek samping karena obat, serta
meningkatkan kualitas hidup pasien.
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon