INOVASI

Nama Instansi RSUD
Nama Inovasi Si Idah Pedalaman
Jenis Inovasi Digital
Inisiator ASN
Bentuk Inovasi Inovasi Pelayanan Publik
Waktu Uji Coba 01-07-2021
Waktu Implementasi 01-07-2021

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat, RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan berusaha mempermudahnya dengan memberikan pelayanan dengan berbasis online. Mengingat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dalam beberapa tahun ini mengalami perkembangan begitu pesat serta pemanfaatan dalam segala bidang termasuk dalam bidang Kesehatan. Dulu untuk memperoleh informasi tentang pelayanan kesehatan masyarakat harus pergi ke pusat kesehatan masyarakat (Puskemas) atau rumah sakit (RS) terlebih dahulu. Sekarang segala hal menjadi berbeda, kehadiran teknologi sangat memudahkan masyarakat terutama dalam mengakses informasi dan pelayanan kesehatan. Hanya dengan ponsel atau komputer, kini masyarakat dapat mengakses berbagai macam informasi kesehatan di internet. RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan juga termasuk rumah sakit yang aktif dalam melakukan inovasi dalam bidang TIK, baik untuk digunakan untuk kalangan rumah sakit sendiri ataupun untuk masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari inovasi-inovasi yang telah dikembangkan salah satunya Roket atau registrasi online rumah sakit berupa aplikasi untuk melakukan pendaftaran bagi masyarakat, mengingat RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan merupkan rumah sakit rujukan bagian banua 6, sehingga antrian pasien sangat banyak. Hal ini juga terkait dengan visi RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan sama seperti visi Kabupaten, yaitu mewujudkan Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat, dalam visi tersebut dijabarkan ada dua misi, yaitu menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu sebagai rumah sakit rujukan, dan mengembangkan pelayanan unggulan pendidikan serta penelitian berbasis teknologi informasi dalam bingkai kehidupan agamis. Terinspirasi dari hal tersebut akhirnya RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan membuat sebuah aplikasi yaitu SI IDAH Pedalaman (Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan Dalam Genggaman), merupakan sebuah aplikasi yang memberikan pelayanan dan menyajikan informasi yang terdapat pada RSUD Brigjend H. Hasan Basry 5 Kandangan. SI IDAH Pedalaman merupakan kumpulan dari beberapa aplikasi pelayanan yang sudah ada dan sudah digunakan sebelumnya di RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan, yang kemudian dipadukan agar lebih efisien dan informatif ketika digunakan oleh masyarakat, khususnya kabupaten Hulu Sungai Selatan dan se-Banua Anam.

Tujuan Jangka Pendek :

1.Menciptakan aplikasi induk bagi seluruh aplikasi pelayanan yang ada di rumah sakit sehingga masyarakat hanya perlu melakukan install satu aplikasi pada android mereka.
2.Memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun rumah sakit lain untuk memperoleh informasi mengenai pelayanan public dan pelayanan lainnya yang ada di rumah sakit
3.Menyajikan informasi dengan cepat dan akurat mengenai berjalannya pelayanan kesehatan di RSUD BHHB Kandangan
4.Memberikan kemudahan bagi petugas RSUD dalam memberikan informasi kepada pasien /keluarga pasien yang memerlukan data yang up date mengenai jenis dan proses layanan yang ada di rumah sakit.

5.Transparansi Layanan

Tujuan Jangka Menegah

Briedging Aplikasi Si Idah Pedalaman dengan Aplicare BPJS sehingga rumah sakit satelit yang ada di sekitar Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang di bawahi oleh BPJS Cabang Barabai bisa mengakses langsung informasi pelayanan kesehatan yang ada pada RSUD B. H. Hasan Basry Kandangan sebagai RS Rujukan.



Tujuan Jangka Panjang:

Melakukan Pengembangan Aplikasi Si Idah Pedalaman sebagai aplikasi yang juga bisa sebagai alat monitoring evaluasi bagi manajemen rumah sakit  untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu dan standar.

Sebagaimana Namanya SI Idah Pedalaman (Sistem Informasi Kemudahan Pelayanan Dalam Genggaman), aplikasi ini dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat, sebagai analogi dalam genggaman bahwa pelayanan yang diberikan begitu mudah didapatkan, bahkan dapat dilakukan dengan genggaman tangan pasien.

Masyakat memperoleh banyak kemudahan dalam pelayanan di RSUD Brigjen H Hasan Basry Kandangan

Video Tidak Tersedia

All rights Reserved © Your Company, 2021

Made with   by ThemeWagon