INOVASI
Nama Instansi | Afri Risyofa Rahim |
---|---|
Nama Inovasi | BILQU |
Jenis Inovasi | Non Digital |
Inisiator | Masyarakat |
Bentuk Inovasi | Inovasi Daerah lainya Sesuai dengan urusan Pemerintahan yang menjadi Kewenangan Daerah |
Waktu Uji Coba | 10-02-2022 |
Waktu Implementasi | 16-01-2023 |
Rancangan bangun dan pokok perubahan dalam belajar IQRA di sekolah dapat melibatkan beberapa aspek yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi pembelajaran. Berikut adalah beberapa contoh rancangan bangun dan pokok perubahan yang mungkin dilakukan:
Pengembangan Kurikulum yang Relevan: Merancang kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa dan lingkungan sekitar. Ini mungkin melibatkan penyesuaian materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian untuk memastikan bahwa pembelajaran IQRA lebih sesuai dengan konteks dan perkembangan siswa.
Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Mengintegrasikan teknologi seperti aplikasi belajar online, perangkat lunak pembelajaran interaktif, dan sumber daya digital lainnya dalam pembelajaran IQRA. Ini dapat membantu memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.
Pelatihan Guru yang Berkelanjutan: Melakukan pelatihan dan pengembangan profesional yang berkelanjutan untuk guru-guru yang mengajar IQRA. Ini termasuk pelatihan dalam penggunaan metode pengajaran yang inovatif, penilaian yang efektif, manajemen kelas, dan penerapan teknologi dalam pembelajaran.
Penggunaan Metode Pembelajaran yang Aktif: Mengadopsi metode pembelajaran yang lebih aktif dan partisipatif, seperti pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok, permainan pendidikan, dan simulasi. Ini membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IQRA dan memperkuat pemahaman mereka terhadap materi.
Pengembangan Bahan Pembelajaran yang Diversifikasi: Mengembangkan bahan pembelajaran yang lebih beragam dan inklusif untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa. Ini mencakup penggunaan berbagai jenis teks, audiovisual, dan sumber daya lainnya yang dapat memperkaya pembelajaran IQRA.
Peningkatan Kolaborasi dengan Komunitas Agama: Memperkuat kolaborasi dengan komunitas agama dan pemuka agama setempat untuk mendukung pembelajaran IQRA di sekolah. Ini dapat melibatkan mengundang ahli agama untuk memberikan ceramah, memberikan saran tentang kurikulum, dan menyediakan dukungan moral dan spiritual kepada siswa dan guru.
Evaluasi dan Pemantauan yang Berkelanjutan: Melakukan evaluasi dan pemantauan yang berkelanjutan terhadap pelaksanaan program pembelajaran IQRA di sekolah. Ini termasuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran, mengidentifikasi area-area perbaikan, dan memberikan umpan balik kepada semua pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran.
Melalui rancangan bangun dan pokok perubahan yang tepat, belajar IQRA di sekolah dapat menjadi lebih relevan, efektif, dan bermakna bagi perkembangan siswa dalam memahami dan menghargai ajaran Al-Qur'an serta nilai-nilai Islam.
Tujuan inovasi dalam belajar IQRA di sekolah mencakup berbagai aspek yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, relevansi, dan dampak pembelajaran Al-Qur'an. Beberapa tujuan inovasi belajar IQRA di sekolah antara lain:
Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Salah satu tujuan utama inovasi dalam belajar IQRA adalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Inovasi dapat mencakup penggunaan teknologi, metode pengajaran yang aktif dan kreatif, serta integrasi aktivitas yang menarik untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur'an.
Pengembangan Keterampilan Membaca dan Memahami Al-Qur'an: Inovasi dalam belajar IQRA bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan memahami Al-Qur'an. Ini mencakup pengembangan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf Arab, memahami makna ayat-ayat, serta menerapkan aturan-aturan tajwid dengan benar.
Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Salah satu tujuan inovasi adalah untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran IQRA. Penggunaan aplikasi belajar online, sumber daya digital, dan media audiovisual dapat membantu memperkaya pengalaman pembelajaran siswa dan meningkatkan aksesibilitas terhadap materi pembelajaran.
Pemberdayaan Guru dan Pemangku Kepentingan: Inovasi dalam belajar IQRA juga bertujuan untuk memberdayakan guru dan pemangku kepentingan lainnya. Ini dapat melibatkan pelatihan dan pengembangan profesional untuk meningkatkan keterampilan pengajaran guru, kolaborasi dengan komunitas agama, serta partisipasi orang tua dalam mendukung pembelajaran siswa di rumah.
Pengembangan Bahan Pembelajaran yang Diversifikasi: Inovasi juga bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran yang lebih beragam dan inklusif untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa. Ini mencakup penggunaan berbagai jenis teks, materi audiovisual, serta sumber daya lainnya yang dapat memperkaya pengalaman pembelajaran IQRA.
Pengukuran dan Evaluasi yang Berkelanjutan: Salah satu tujuan inovasi adalah untuk melakukan pengukuran dan evaluasi yang berkelanjutan terhadap efektivitas pembelajaran IQRA di sekolah. Ini mencakup pengembangan metode penilaian yang sesuai, pemantauan kemajuan siswa secara teratur, serta identifikasi area perbaikan dan tindakan perbaikan yang diperlukan.
Dengan menerapkan inovasi dalam belajar IQRA di sekolah, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis, relevan, dan bermakna bagi siswa dalam memahami dan menghargai ajaran Al-Qur'an serta nilai-nilai Islam.
Belajar IQRA di sekolah memberikan berbagai manfaat yang penting bagi siswa, baik secara pribadi maupun secara kolektif. Beberapa manfaat yang diperoleh dari belajar IQRA di sekolah antara lain:
Pengembangan Keterampilan Membaca Al-Qur'an: Belajar IQRA di sekolah membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca Al-Qur'an dengan benar, termasuk pengucapan huruf Arab dan penerapan aturan-aturan tajwid. Ini memungkinkan mereka untuk membaca Al-Qur'an dengan lancar dan tepat.
Penguasaan Bahasa Arab: Pembelajaran IQRA di sekolah juga membantu siswa memahami dan menguasai bahasa Arab, bahasa yang digunakan dalam Al-Qur'an. Penguasaan bahasa Arab ini memberikan akses lebih dalam terhadap sumber-sumber keislaman dan meningkatkan pemahaman terhadap karya-karya Islam.
Peningkatan Kecerdasan dan Keterampilan Kognitif: Belajar IQRA melibatkan pembacaan, memahami, dan menghafal ayat-ayat Al-Qur'an, yang membantu meningkatkan kecerdasan dan keterampilan kognitif siswa. Ini termasuk kemampuan pemahaman, ingatan, dan pemecahan masalah.
Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis: Melalui pembelajaran Al-Qur'an, siswa diajarkan untuk memahami makna dan aplikasi ajaran-ajaran Islam dalam konteks kehidupan sehari-hari. Ini membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis dalam menerapkan prinsip-prinsip moral dan etika Islam.
Pembentukan Karakter dan Etika Islami: Belajar IQRA juga membantu dalam pembentukan karakter yang baik, seperti kejujuran, kesabaran, keikhlasan, dan kasih sayang. Siswa belajar untuk menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika Islam yang terkandung dalam Al-Qur'an.
Penguatan Identitas Keagamaan: Pembelajaran IQRA di sekolah memperkuat identitas keagamaan siswa sebagai umat Islam. Ini membantu mereka merasa lebih terhubung dengan agama dan budaya Islam serta mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota komunitas Muslim.
Pengembangan Hubungan Spiritual dengan Allah SWT: Belajar IQRA membantu siswa mengembangkan hubungan spiritual dengan Allah SWT melalui pemahaman dan penghayatan terhadap ayat-ayat Al-Qur'an. Ini dapat membawa dampak positif dalam membentuk sikap mental yang kuat dan ketahanan spiritual dalam menghadapi tantangan hidup.
Dengan demikian, belajar IQRA di sekolah memberikan manfaat yang luas dalam pengembangan akademik, moral, dan spiritual siswa, serta memperkuat identitas keagamaan mereka sebagai umat Islam.
Hasil inovasi dalam belajar IQRA di sekolah dapat mencakup berbagai pencapaian dan perubahan yang signifikan dalam proses pembelajaran serta hasil akhir yang diperoleh oleh siswa. Beberapa hasil inovasi yang mungkin terjadi sebagai dampak dari implementasi inovasi belajar IQRA di sekolah antara lain:
Peningkatan Keterlibatan Siswa: Inovasi dalam pembelajaran IQRA di sekolah dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, baik melalui penggunaan teknologi, metode pengajaran yang aktif, atau pengembangan bahan pembelajaran yang menarik dan relevan. Hal ini dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari Al-Qur'an dan meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.
Peningkatan Keterampilan Membaca Al-Qur'an: Inovasi dalam metode pengajaran dan bahan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur'an dengan benar dan lancar. Siswa dapat memperoleh kemampuan yang lebih baik dalam pengucapan huruf Arab, penerapan aturan tajwid, dan pemahaman terhadap makna ayat-ayat Al-Qur'an.
Peningkatan Penguasaan Bahasa Arab: Inovasi belajar IQRA di sekolah juga dapat meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa, yang merupakan bahasa utama yang digunakan dalam Al-Qur'an. Siswa dapat mengembangkan kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam bahasa Arab dengan lebih baik.
Peningkatan Kecerdasan dan Keterampilan Kognitif: Implementasi inovasi dalam belajar IQRA di sekolah dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan keterampilan kognitif siswa, termasuk kemampuan pemahaman, ingatan, pemecahan masalah, dan berpikir kritis.
Pembentukan Karakter dan Etika Islami: Hasil inovasi belajar IQRA di sekolah dapat mencakup pembentukan karakter yang baik, seperti kejujuran, kesabaran, keikhlasan, dan kasih sayang, serta pemahaman yang lebih baik terhadap nilai-nilai moral dan etika Islam.
Penguatan Identitas Keagamaan: Inovasi dalam pembelajaran IQRA di sekolah dapat memperkuat identitas keagamaan siswa sebagai umat Islam. Mereka dapat merasa lebih terhubung dengan agama dan budaya Islam serta mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota komunitas Muslim yang memiliki pemahaman dan komitmen yang lebih baik terhadap ajaran Islam.
Peningkatan Hubungan Spiritual dengan Allah SWT: Hasil inovasi belajar IQRA di sekolah juga dapat mencakup peningkatan hubungan spiritual siswa dengan Allah SWT melalui pemahaman dan penghayatan terhadap ayat-ayat Al-Qur'an, yang dapat membawa dampak positif dalam membentuk sikap mental yang kuat dan ketahanan spiritual dalam menghadapi tantangan hidup.
Dengan demikian, hasil inovasi belajar IQRA di sekolah dapat mencakup berbagai aspek yang mendukung peningkatan pembelajaran, pengembangan pribadi, dan penguatan identitas keagamaan siswa sebagai umat Islam.
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon