INOVASI
Nama Instansi | KEL.KANDANGAN-UTARA |
---|---|
Nama Inovasi | ACILKU (APLIKASI CERDAS DAN INOVASI LAYANAN KELURAHAN KANDANGAN UTARA) |
Jenis Inovasi | Digital |
Inisiator | OPD |
Bentuk Inovasi | Inovasi Pelayanan Publik |
Waktu Uji Coba | 25-09-2023 |
Waktu Implementasi | 25-09-2023 |
ACILKU (Aplikasi Cerdas dan Inovasi Layanan Kandangan Utara)
Merupakan suatu pelayanan terintegrasi online yang memadukansemua pelayanan masyarakat yang ada di kantor kelurahan kandangan utara dalam satu platform digital. Semua item pelayanan tersebut, yaitu:
Surat keterangan berdagang
Surat keterangan usaha
Surat keterangan ahli waris tanah
Surat keterangan beda nama
Surat keterangan domisili
Surat keterangan domisili lembaga/kantor
Surat keterangan hibah
Surat keterangan pindah
Surat kuasa pengurusan
Surat pernyatan jual beli
Surat pernytaan penguasaan fisik bidang tanah
Surat keterangan ahli waris kematian
Surat keterangan belum memiliki rumah
Surat keterangan belum pernah menikah
Surat keterangan janda/duda
Surat keterangan kematian baru
Surat keterangan kematian lama
Surat keterangan penghasilan
Surat keterangan tidak mampu (lain-lain)
Surat keterangan tidak mampu (pribadi)
Latar belakang terciptanya inovasi ini berawal dari permasalahan umum yang ada di seluruh wilayah indonesia terutama mengenai masalah pelayanan publik yang lambat dan buruk, boros kertas, birokrasi yang rumit dan panjang, masih adanya pungli dalam pengurusan pelayanan publik, waktu & Biaya yang tidak sedikit harus dikeluarkan menuju lokasi pelayanan, kesulitan mencari media transportasi dll. Berangkat dari beberapa permasalahan tersebut dan sesuai arahan dari Presiden Republik Indonesia agar digitalisasi semua pelayanan publik diterapkan di seluruh wilayah Indonesia dengan pelayanan publik yang selalu tersedia dan dapat diakses serta dilayani online 24 jam sehari dengan kecepatan waktu yang segera menghasilkan dokumen hasil playanan apabila semua verifikasi data sudah sesuai dengan dokumen yang sudah terverifikasi oleh BSSrE, BSSN bertanda tangan digital dengan data detail waktu dan tanggal penerbitan dokumen yang dapat diakses secara digital. Manfat lain dari inovasi ini di antaranya Paperless, meminimalisir pungli, mengurangi penularan virus Covid 19 dan penyakit menukar lainnya, pengarsipan yang aman dan mudah serta cepat dicari, dokume tersimpan secara digitak, hemat waktu tenaga dan biaya. Tutorial penggunaan acilku sangat mudah, yaitu cukup scan QR code pada pamplet digital atau ketik “acilku.com” pada browser kemudian pilih dokuemn pelayanan yang ingin dibuat, isi data, menunggu verifikasi data, klik item cek berkas kemudian buka atau download dokumen. Aplikasi ini telah diuji coba pada tanggal 25 September beberapa hari sstelah Lurah Kandangan Utara dilantik. Antusiasme masyarakat terhadap inovasi ini sangat tinggi yang dibuktikan dengan semua pelayanan sudah full menggunakan acilku setiap harinya bahkan saat di luar jam kerja maupun hari libur.
ACILKU (Aplikasi Cerdas dan Inovasi Layanan Kandangan Utara)
Merupakan suatu pelayanan terintegrasi online yang memadukansemua pelayanan masyarakat yang ada di kantor kelurahan kandangan utara dalam satu platform digital. Tujuan dari inovasi ini adalah agar memudahkan masyarakat dalam kepengurusan dokumen pelayanan yang ada di Kelurahan Kandangan Utara dengan sangat cepat, efisien dan efektif terverifikasi resmi elektronik secara gratis tanpa ada pungutan.
ACILKU (Aplikasi Cerdas dan Inovasi Layanan Kandangan Utara)
Merupakan suatu pelayanan terintegrasi online yang memadukansemua pelayanan masyarakat yang ada di kantor kelurahan kandangan utara dalam satu platform digital. manfaat yang dirasakan sangat banyak di antaranya pelayanan publik yang selalu tersedia dan dapat diakses serta dilayani online 24 jam sehari dengan kecepatan waktu yang segera menghasilkan dokumen hasil playanan apabila semua verifikasi data sudah sesuai dengan dokumen yang sudah terverifikasi oleh BSSrE, BSSN bertanda tangan digital dengan data detail waktu dan tanggal penerbitan dokumen yang dapat diakses secara digital. Manfat lain dari inovasi ini di antaranya Paperless, meminimalisir pungli, mengurangi penularan virus Covid 19 dan penyakit menukar lainnya, pengarsipan yang aman dan mudah serta cepat dicari, dokume tersimpan secara digitak, hemat waktu tenaga dan biaya.
ACILKU (Aplikasi Cerdas dan Inovasi Layanan Kandangan Utara)
Merupakan suatu pelayanan terintegrasi online yang memadukansemua pelayanan masyarakat yang ada di kantor kelurahan kandangan utara dalam satu platform digital. Hasil yang didapat dari inovasi ini di antaranya kepercayaan yang sangat tinggi dari masyarakat, terbebasnya masyarakat dari pungli dalam kepengurusan pelayanan serta tingkat kepuasan masyarakat yang sangat tinggi menjadi 99,4% terhadap kelurahan.
All rights Reserved © Your Company, 2021
Made with by ThemeWagon