E SURAT

BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

  • 01Rancangan Bangun Dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan

    Aplikasi E Surat merupakan upaya untuk mendukungpeningkatan tata kelola administrasi perkantoran terutama dalam pengelolaansurat menyurat. Dengan memanfaatkan teknologi informasi pada saat ini aplikasiE Surat akan merubah pengelolaan surat yang dulunya bersifat manual menjadidigital.

    Aplikasi inimemuat tampilan berbagai menu yakni, Home, SKPD, Master Pegawai, Daftar User,Singkronisasi jabatan, List jabatan, Kode Surat, List Surat masuk, List SuratKeluar, kotak surak masuk, Format Surat, log surat dan laopran.Untuk TampilanInformasi memuat Total surat masuk, total surat Keluar dan total seluruh Suratpada SKPD

    Untuk masukkedalam aplikasi harus melakukan inputan E-Mail pada halaman Login Aplikasi danInputan Password pada kolom inputan password. Inputan E-Mail diisi mengacu kepada jabatan sipengguna dan inputanpassword diisi sesuai keinginan sipengguna.

    Aplikasi ini berbasis android secara daring dapat diakses dimana saja dan kapan saja, baikdiaksesmelalui komputer, laptop ataupun hp.

    Pokok perubahanyang dilakukan adalah efisiensi, efektivitas, dan digitalisasi  proses pengelolaan keluar masuk surat Dinas.

  • Tujuan inovasi daerah adalah untuk meningkatkan daya saing daerah yang telah dituangkan dalam misi ke V Kabupaten Hulu Sungai Selatan yakni Menghadirkan Tata Kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan public berkualitas berbasis teknologi informasi dalam binkai kehidupan agamis. Sementara Tujuan Inonasi E-Surat sebagai media dalam pengelolaan administrasi keluar masuk Surat Dinas agar lebih cepat tindak lanjut berkenaan dengan isi surat yang dimaksud dari pimpinan sampai kebawahan yang terendah,sehingga tercapai  efisiensi waktu, biaya,  dan efektivitas kerja,

  • Manfaat dari E Surat diantaranya adalah  :

    Memangkas waktu Disposisi surat dari pimpinan sampai kebawahan terendah, semula Disposisi surat Pimpinan itu bisa agak lama karena terhenti di meja Kepala atau pimpinan lainnya dengan aplikasi E Surat akan lebih cepat disposisi surat tersebut tanpa menunggu fisik surat.

    Bawahan akan dapat segera menindak lanjuti Disposisi surat melalui E Surat yang sesuai dengan arahan Pimpinan.

    Dengan aplikasi E Surat ini semua surat masuk dan keluar akan tersimpan secara digital pada system meskipun bukti fisiknya bisa hilang.

    Dengan Aplikasi ini akan memudahkan kepada pimpinan untuk mendisposisi Surat masuk kepada bawahan meskipun tidak berada di kantor.Apalagi surat-surat yang sangat urgen untuk ditindak lanjuti segera.

  • Hasil inovasi aplikasi E-Surat  adalah

    Pelayanan administrasi keluar masuk surat lebih efektif dan efisien